Selasa 22 Feb 2022 16:28 WIB

Enam Tips Masjid Ramah Remaja Muslim

Masjid adalah benteng iman dan pusat penting untuk semua hal terkait keislaman.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid (ilustrasi).Masjid adalah benteng iman dan pusat penting untuk semua hal terkait keislaman.
Foto:

Kedua, Dukung pemuda relawan masjid

Sebagai sebuah institusi, berikan dukungan keuangan, tawarkan sumber daya seperti program yang relevan, pelatihan, dan kemajuan yang realistis. Berdayakan remaja pengelola masjid pekerja muda untuk mengeksplorasi strategi baru tanpa selalu mengarahkan atau menjatuhkan ide-ide mereka.

Berilah mereka bimbingan dan pengembangan keislaman agar mereka tidak menyimpang dari tarbiyah kenabian (pengembangan diri).

Jika penambahan ruangan memungkinkan, tawarkan mereka sebuah ruangan di mana kegiatan mereka dapat berlangsung tanpa gangguan dari pengunjung masjid. Beri mereka ruang dan kepercayaan dan perhatikan seberapa jauh kemajuannya.

Ketiga,  Ajak pemuda menjadi DKM Masjid

Jika sebuah masjid benar-benar ingin berkomitmen untuk transformasi maka ajak pemuda muslim menjadi bagian dari dewan masjid.

Keempat, Jika Mampu Bangun Ruang Keeja atau Kafe untuk Diskusi

Ruang alternatif untuk kaum muda sedang populer saat ini. Meskipun ini adalah ide yang cukup spesifik, beberapa masjid menciptakan ruang seperti kafe di mana kaum muda dapat mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar, makan siang, dan mengadakan acara seperti malam seni atau serial mendongeng.

Tentu saja, tidak semua masjid mampu, tetapi pengurus masjid dapat mengubah ruangan kecil yang kosong dengan barang-barang murah dari toko barang bekas setempat. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement