Rabu 09 Feb 2022 16:30 WIB

Saudi Terbitkan Aturan Tes Covid-19 Terbaru untuk Wisatawan

Arab Saudi terbitkan aturan tes covid-19 terbaru untuk wisatawan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
tes antigen (ilustrasi).Arab Saudi terbitkan aturan tes covid-19 terbaru untuk wisatawan.
Foto:

Sementara itu, mereka yang belum menyelesaikan suntikan dosis vaksin atau belum menerima dosis penuh dapat masuk kembali ke Kerajaan setelah 10 hari sejak tanggal tes yang menyatakan mereka positif Covid-19.

Konsultan penyakit menular sekaligus Kepala departemen penyakit dalam di Rumah Sakit King Fahad di Jeddah, Dr. Wail Bajhmom, menjelaskan tes antigen adalah tes komersial untuk mendiagnosis dengan cepat keberadaan partikel virus corona.

“Dengan kata lain, tes ini mencari keberadaan partikel virus corona dalam sampel yang digunakan dari subjek, digunakan secara komersial sebagai tes antigen cepat dan mengikuti fakta sederhana, yaitu dalam kasus adanya Covid-19 akan terjadi reaksi antara virus (antigen) dengan senyawa dalam kit dan menunjukkan hasil yang positif,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tes tentu akan menunjukkan hasil negatif jika tidak ada reaksi yang berarti tidak ada virus. Metode yang disebut rapid antigen test ini merupakan metode yang terkenal untuk mendeteksi virus dan infeksi lainnya secara cepat.

Perbedaan antara tes antigen cepat dan tes reaksi berantai polimerase adalah waktu hasil. Bila menggunakan RAT, hasilnya akan dicapai dalam waktu yang sangat singkat yaitu 15 menit dan lebih murah dengan sensitivitas tinggi, yang berarti ada kemungkinan besar tes ini untuk menangkap pasien positif.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement