Senin 07 Feb 2022 08:23 WIB

Lagi, Perguruan Tinggi India Larang Wanita Muslim Gunakan Jilbab

Kejadian ini adalah kedua kalinya negara bagian Karnataka India melarang jilbab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pelajar Muslimah India berkampanye mengenai penggunaan jilbab. Lagi, Perguruan Tinggi India Larang Wanita Muslim Gunakan Jilbab
Foto:

Seorang siswa dari Perguruan Tinggi Pra-Universitas Pemerintah Wanita di Udupi, ditolak masuk ke kelas karena mengenakan jilbab. Ia lantas menemui Pengadilan Tinggi Karnataka untuk meminta keringanan sementara untuk menghadiri kelas mengenakan jilbab, sebelum seluruh masalah diselesaikan.

Di Karnataka, pemerintah negara bagian mengatakan akan membentuk komite untuk merumuskan pedoman tentang seragam di perguruan tinggi. Muslim India telah menyaksikan kemerosotan hak untuk mempraktikkan keyakinan, di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi dan BJP sayap kanannya.

Konflik terkait hak-hak beragama semakin meningkat di India setelah sebuah perguruan tinggi di Negara Bagian Karnataka melarang sekelompok mahasiswi berhijab masuk kelas. Larangan ini terjadi setelah kebijakan baru yang menimbulkan pertikaian hukum.

Bersamaan dengan hari hijab sedunia pada Selasa (1/1/2022), enam mahasiswi memprotes di luar Government Women Pre-University College di Kota Udupi. Mereka menyebut ingin menegaskan hak-hak dasar sebagai warga negara, terutama berhijab.

Kampus pra-universitas itu telah memberlakukan larangan jilbab pada Desember lalu. Pihak kampus mengatakan, itu melanggar aturan terkait larangan memakai simbol-simbol agama. Tindakan itu menyebabkan protes oleh mahasiswi yang menuntut institusi tersebut membatalkan aturan ini karena melanggar hak-hak beragama.

“[Ini] perguruan tinggi negeri tempat kami membayar pajak. Tidak perlu campur tangan. Perjuangan hukum kami tidak dapat dihancurkan dengan ancaman,” kata Aliya Asadi, salah satu mahasiswa yang memprotes larangan tersebut, dalam sebuah tweet dilansir dari The National News, Rabu (2/2/2022).

Tetapi perguruan tinggi yang dikelola pemerintah itu justru memperketat larangan tersebut sebelum Hari Jilbab Sedunia dengan melarang siswa yang mengenakan jilbab masuk kampus ketika pembelajaran tatap muka dibuka kembali setelah pelonggaran pembatasan terkait pandemi.

https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/another-indian-college-bars-muslim-girls-wearing-hijab/2494257

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement