Selasa 01 Feb 2022 06:23 WIB

Kunjungi Pesantren ICBS, Dubes Saudi Dibuat Takjub Santri ini

Lima santri terbaik ICBS direkomendasikan kuliah di Universitas Islam Madinah.

Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam Abed Al-Thaqafi  (tengah) dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi (kiri).
Foto: Dok ICBS Harau
Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam Abed Al-Thaqafi (tengah) dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, HARAU— Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam Abed Al-Thaqafi dalam lawatannya ke Sumatera Barat sempat berkunjung ke Pesantren Insan Cendekia Boarding School (ICBS)  Harau, Ahad (30/1). Kunjungannya ke pesantren terbesar di Sumbar itu didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, dan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Dt Saparuddin.

Hal menarik di tengah-tengah sambutan Pimpinan Pesantren ICBS Ustadz Roni Patihan Lc, ia  mempersilakan gubernur Sumbar dan dubes Saudi untuk mengetes hafalan Alquran salah satu santrinya. Secara bergiliran, H Mahyeldi disusul kemudian Syaikh Essam menyebutkan ayat-ayat dalam Alquran.

Luar biasanya, santri bernama Endri Ahmad Paturusi yang baru kelas 9 SMP tersebut bisa menjawab dengan tepat dan benar soalan yang ditanyakan. Tidak hanya menyambung ayat, bahkan santri asal Ternate tersebut secara lengkap menyebutkan dengan nama surat dan nomor ayat. Bahkan tak ketinggalan nomor halaman dan juznya.

Menyaksikan tersebut, Dubes Saudi tersebut pun takjub. "Saat ini saya turut membantu ICBS sebanyak 10 ribu dolar AS. Dan, khusus untuk Endri, saya akan ikutkan dalam perlombaan hifzil Quran pada tanggal 15 Maret mendatang di Jakarta. Selanjutnya saya akan memberikan perhatian khusus untuk Endri," paparnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Tak hanya itu. Di akhir sambutan, Sang Dubes juga menyatakan kesediaannya memberi rekomendasi kepada lima santri terbaik ICBS untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Madinah.

Pimpinan ICBS, Ustadz  Roni Patihan Lc yang merupakan alumni LIPIA Jakarta, mengucap syukur dan terima kasih yang setinggi-tingginya. "Ini merupakan sebuah kehormatan yang luar biasa bagi ICBS," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement