Rabu 26 Jan 2022 14:26 WIB

Sukses Transplantasi Babi ke Manusia, Pro Kontra di Kalangan Ulama Islam  

Kesuksesan tranplantasi babi ke manusia memunculkan sejumlah persoalan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi tranplantasi. Kesuksesan tranplantasi babi ke manusia memunculkan sejumlah persoalan.
Foto:

Dia menyebut ada dua aturan dalam Islam yang membenarkan xenotransplantasi, utamanya dalam situasi yang menyelamatkan jiwa. Yang pertama adalah 'diizinkan jika terpaksa', sedangkan yang kedua menunjukkan bahwa 'diizinkan sesuai dengan perkiraan kebutuhan'.

"Ketika ada kebutuhan dan semua solusi lain yang mungkin telah habis, maka dari sudut pandang etika medis, dapat dibenarkan dan diterima untuk mencegah bahaya dan melestarikan kehidupan melalui prosedur seperti itu, dengan menggunakan organ babi," ujar wanita yang juga pendiri dan direktur Program Etika Terpadu di KFSH-D. 

Contoh kejadian yang diizinkan jika dalam keadaan terpaksa adalah izin aborsi dalam jangka waktu tertentu dan ketika kehamilan mengancam kehidupan ibu. Singkatnya, hukum Islam memandang larangan ketat memakan hewan, tetapi tidak untuk kebutuhan potensial lainnya. 

Al-Shinawi melanjutkan, menggunakan hewan dalam penelitian laboratorium dan eksperimen hewan dipandang oleh publik sebagai hal yang perlu dan dapat diterima, tetapi menggunakan hewan untuk mengambil organ bagi manusia tetap tabu. 

Adapun memilih babi daripada hewan lain untuk jenis prosedur ini disebut didasarkan pada kesamaan organ hewan dengan manusia. Babi yang digunakan untuk donasi organ telah dibiakkan dan dibesarkan di lingkungan terkontrol yang unik. Dalam proses pengobatan, pengencer darah dan katup jantung termasuk produk babi. 

Seluruh dunia tercengang oleh keberhasilan terobosan xenotransplantasi yang dilakukan oleh dokter dari sekolah kedokteran Universitas Maryland dan pusat medis kampus. 

Semua orang disebut setuju jika percobaan ini adalah operasi yang berbahaya, dan sebelum melanjutkan, tim medis harus menghabiskan semua kemungkinan perawatan yang disetujui. 

Setelah menghilangkan semua kemungkinan dan mengikuti praktik etis dalam eksperimen radikal seperti itu, dokter harus sepenuhnya memberi tahu pasien tentang fakta-fakta yang berkaitan dengan perawatan semacam ini. 

Semua risiko dan perkiraan tingkat keberhasilan dan kegagalan harus diketahui, termasuk spektrum kriteria lengkap mulai dari kematian langsung hingga pemantauan orang fungsional yang hidup dengan jantung babi. 

Seperti pasien lain yang menerima operasi, orang yang terlibat ini harus memperoleh kapasitas, memahami dan mendiskusikan semua informasi yang diberikan untuk menyetujui dengan benar 

Dalam terobosan ini, sepuluh gen yang dimodifikasi memungkinkan hati babi tidak ditolak oleh tubuh manusia. Beberapa dekade percobaan laboratorium dilakukan untuk mencapai tingkat kepercayaan ilmiah dalam pengeditan gen ini. 

"Eksperimen radikal dibenarkan karena pasien akan mati tanpa xenotransplantasi dan tidak punya pilihan lain untuk menerima jantung manusia atau hidup dengan dukungan jantung mekanis," ucapnya. 

Dia juga menjelaskan ada beberapa manfaat xenotransplantasi, termasuk meningkatkan kumpulan organ, operasi transplantasi yang tidak akan mencakup operasi medis darurat, serta kualitas organ yang lebih baik daripada donor non-jantung. 

Dengan kolaborasi antara sains dan kedokteran, dia menyebut xenotransplantasi dapat mengakhiri penderitaan ribuan pasien yang menunggu organ, serta meningkatkan kumpulan organ bersama dengan donor non-jantung dan donor hidup. 

Baca juga: Mualaf Syavina, Ajakan Murtad Saat Berislam dan Ekonomi Jatuh

"Dengan semua kelebihan penggunaan organ babi dalam operasi penyelamatan jiwa, kami masih kekurangan banyak pengetahuan tentang tingkat keberhasilan jangka panjang dari xenotransplantasi dan potensi komplikasi di masa depan yang mungkin timbul bagi pasien," ujar dia.

Namun demikian, dia menilai yang paling penting adalah memberlakukan kerangka peraturan yang dapat menghormati ajaran yang ditemukan dalam agama yang berbeda, untuk memandu etis xenotransplantasi. 

Sumber: alarabiya 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement