Jumat 21 Jan 2022 03:50 WIB

Museum Seni Rupa Jeddah Dokumentasikan 100 Lebih Karya

Museum Seni Rupa di Jeddah telah mendokumentasikan lebih dari 100 karya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi museum
Foto:

Selain itu Arab Saudi pada 2020 lalu juga telah menjalin kerja sama dengan kelompok seni kolektif internasional teamLab untuk mendirikan sebuah museum seni digital baru di negara itu. Kolaborasi ini akan membuat sekelompok ahli lintas disiplin untuk mengembangkan karya seni untuk dipamerkan di museum tersebut pada 2023. Museum tersebut dinamakan teamLab Borderless Jeddah.

Museum seni digital ini didirikan sebagai bagian dari rencana reformasi Visi 2030 Saudi untuk mendiversifikasi ekonomi melalui usaha dalam bidang budaya dan seni. Pameran seni interaktif kelas dunia teamLab didirikan pada 2001 di Jepang oleh Toshiyuki Inoko. Kolektif seni interaktif itu telah didedikasikan untuk melampaui 'batas' dalam seni dan dunia pada umumnya.

Inoko mengatakan, alih-alih memikirkan dunia dan hubungan antara Bumi dan alam semesta sebagai tempat yang penuh dengan pemisahan, telah tiba waktunya untuk menggabungkan sains dan seni untuk bergerak maju ke dunia tanpa batas. Menurutnya, perbatasan fisik adalah yang dibuat oleh manusia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement