Kamis 20 Jan 2022 21:40 WIB

Enam Jalan Kebahagiaan yang Sesuai Sunnah

Kewajiban bagi setiap muslim yang ingin bahagia di dunia dan di akhirat.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Keluarga Bahagia
Foto:

Pertama, kebahagiaan dengan berolahraga 

Nabi Muhammad mendorong gaya hidup yang seimbang dan sehat. Adalah Sunnahnya bahwa orang-orang beriman harus menunggang kuda, memanah, berenang, (dan gulat). Ini adalah olahraga sunnah yang membangun kekuatan dan stamina, latihan secara umum selama dilakukan dalam parameter syari'ah dianjurkan. Karena melepaskan endorfin, hormon perasaan baik, yang juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami terhadap penyakit, baik fisik, maupun mental.

Kedua, kebahagiaan ditemukan dalam hubungan dengan lingkungan alam

Nabi Muhammad adalah penasehat terbesar bagi lingkungan, jauh sebelum karya-karya advokasi kelompok alam, seperti Green Peace dan WWF. Nabi Muhammad mendorong penanaman pohon dan kebaikan sepenuhnya terhadap hewan.  

Dia juga akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, baik berolahraga, berjalan, atau hanya duduk dengan teman-temannya.

Ketiga, kebahagiaan melalui Makanan

Nabi Muhammad menikmati makanannya dengan sangat serius, tidak berlebihan, dan dengan etika yang tepat.

Makanan alami adalah awal yang baik untuk kebahagiaan, karena membuat tubuh tetap sehat dan suasana hati terangkat. Banyak makanan alami seperti, cokelat hitam, yoghurt, dan madu, juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, di tengah dunia konsumen yang dipenuhi dengan makanan olahan, junk food, dan makanan cepat saji.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement