Kamis 20 Jan 2022 21:40 WIB

Enam Jalan Kebahagiaan yang Sesuai Sunnah

Kewajiban bagi setiap muslim yang ingin bahagia di dunia dan di akhirat.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Keluarga Bahagia
Foto:

Keempat, kebahagiaan melalui teman

Memiliki teman yang berpikiran sama selalu menjadi terapi bagi orang percaya. Faktanya, menjaga pertemanan yang baik adalah sunnah yang kuat bagi umat Islam, dan itu lebih dari sekadar kesamaan pikiran yang penting. 

Nabi menasihati bahwa sahabat terbaik adalah mereka yang sering mengingatkan satu sama lain tentang Allah, dan berbagi semangat yang sama untuk agama.

Dalam sebuah hadis, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Kelima, kebahagiaan dalam keluarga yang penuh kasih

Pasangan dalam Al qur'an digambarkan sebagai pakaian satu sama lain, dan pelengkap iman satu sama lain. Anak-anak, di sisi lain, digambarkan sebagai hadiah dan amanah terbaik dari Allah. Sebagaimana dalam surat Albaqarah ayat 187 

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ 

Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. 

Oleh karena itu, kebahagiaan melalui keluarga yang penuh kasih bisa didapatkan. Berada di sekitar orang yang dicintai, berhubungan dengan pasangan, atau menghabiskan waktu bersama anak-anak, juga melepaskan hormon yang disebut oksitosin. Oksitosin juga dikenal sebagai hormon cinta dan membuat seseorang merasa bahagia dan dicintai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement