Rabu 05 Jan 2022 18:53 WIB

Gelar Rapat Tahunan, Koperasi Babe Bagikan SHU kepada Anggota

Total aset koperasi Rp 49 juta, SHU tahun ini diperoleh dana sebesar Rp 6 jutaan.

Koperasi Banjaranyar Berdaya (BaBe) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Perdana tahun buku 2021 pada Sabtu (25/12).
Foto: Rumah Zakat
Koperasi Banjaranyar Berdaya (BaBe) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Perdana tahun buku 2021 pada Sabtu (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Koperasi Banjaranyar Berdaya (BaBe) yang merupakan koperasi binaan Rumah Zakat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Perdana tahun buku 2021 pada Sabtu (25/12). Bertempat di Warung Babe Desa Banjaranyar, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, 99 persen anggota turut hadir dalam rapat tersebut.

Di akhir tahun 2021 jumlah anggota koperasi mengalami peningkatan. Berawal dari lima orang anggota, saat ini anggota koperasi mencapai 24 orang anggota. Dalam rapat tersebut, pengurus menyampaikan laporan keuangan dari unit usaha yang dimiliki, rencana program tahun 2022, dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggota.

Baca Juga

Dalam laporannya, pengurus menyampaikan bahwa total aset koperasi ada dikisaran Rp 49 jutaan. Sementara SHU tahun ini diperoleh dana sebesar Rp 6 jutaan. Yang mana 20 persen dialokasikan untuk kegiatan sosial di lingkungan masyarakat Desa Banjaranyar, 60 persen untuk anggota, 10 persen untuk pengurus, dan 10 persen lagi untuk cadangan koperasi.

Ketua Koperasi BaBe Etti Yunan Alfian menuturkan bahwa tahun ini SHU yang dialokasikan untuk anggota dibagi secara merata. Tidak ada perbedaan. Namun untuk tahun depan, pembagian SHU akan

 

dibagi berdasarkan keaktifan anggota dalam berbelanja di warung Babe.

Rokhanah, salah satu anggota mengaku sangat senang dan bersyukur ketika mendapatkan amplop berisi uang yang merupakan SHU yang ia dapat. "Alhamdulillaah, senang sekali hari ini Saya mendapatkan SHU. Bisa Saya gunakan untuk nambah dagangan saya.Terima kasih Rumah Zakat dan Koperasi BaBe. Semoga tahun depan bisa lebih besar lagi usahanya. Aamiin," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement