Selasa 04 Jan 2022 07:15 WIB

Masjid Tertua di Lucknow Direnovasi

Salah satu masjid tertua di kota Lucknow direnovasi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Masjid dan istana Bara Imambara, Lucknow, India
Foto: skycrapercity
Masjid dan istana Bara Imambara, Lucknow, India

IHRAM.CO.ID, LUCKNOW --- Salah satu masjid tertua di kota Lucknow di negara bagian Uttar Pradesh, India akan direnovasi secara besar-besaran. Ialah Masjid Asafi yang merupakan masjid tertua di Lucknow dan menjadi bagungan bersejarah yang ikonik. Renovasi masjid pun sangat penting untuk menjaga  bangunan. 

Seperti dilansir Hindustan Times pada Selasa (4/1) Rencana pendanaan untuk renovasi bangunan Masjid Asafi yang bersejarah itu telah dipersiapkan. Survei Arkeologi India (ASI) telah mengalokasikan 75 lakh untuk pemeliharaan dan perbaikan monumen abad ke-18 meliputi masjid dan balkon 163ft nya Persia Hall.

Baca Juga

Berdasarkan surat per 31 Desember 2021 dari direktur ASI umum V Vidyavathi, sebesar  50 lakh telah dialokasikan untuk pemeliharaan dan perbaikan dinding bagian dalam masjid. Surat itu menambahkan sebesar 25 lakh telah dialokasikan untuk pemulihan balkon.

Mohammed Haider, seorang pengacara dan aktivis cagar budaya yang pertama kali mengangkat masalah pekerjaan pemeliharaan bangunan cagar budaya mengatakan pekerjaan restorasi Masjid Asafi dan Balai Persia sudah lama tertunda. “Saya bersyukur ASI telah mengalokasikan dana untuk pekerjaan pemeliharaan," katanya

Pekerjaan restorasi diharapkan dapat menarik wisatawan, yang pergerakan di balkon dibatasi pada 2019 karena kondisinya yang bobrok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement