Jumat 24 Dec 2021 20:19 WIB

BWA Gelar Pelatihan Baca Alquran dan Distribusikan Alquran Wakaf

Pelatihan membaca Alquran  itu bekerja  sama dengan Galena dan IOF.

BWA bekerja  sama dengan Galena dan IOF menggelar pelatihan membaca Alquran Metode Abyan  dan mendistribusikan Alquran wakaf di wilayah Jawa Timur.
Foto: Dok BWA
BWA bekerja sama dengan Galena dan IOF menggelar pelatihan membaca Alquran Metode Abyan dan mendistribusikan Alquran wakaf di wilayah Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, Badan Wakaf Alquran (BWA)  sebagai lembaga wakaf dan kemanusiaan selalu berupaya menjadikan wakaf sebagai gaya hidup. Untuk itu dalam syiarnya BWA selalu berkolaborasi dengan pihak lain yang mempunyai visi yang sama dalam hal kemanusiaan

Contohnya, dalam aktivitas di Jawa Timur kali ini, BWA bersama dengan Galena Rescue dan Indonesia Offroad Federation (IOF) mengadakan pelatihan membaca Alquran  dan distribusi 5 ribu Alquran  wakaf. Kegiatan itu  berlangsung selama lima  hari, 13-17 Desember 2021.

Pelatihan membaca Alquran ini menggunakan Metode Abyan, metode yang diperuntukkan khusus untuk mereka  yang sama sekali tidak bisa membaca Alquran. “Alhamdulillah, kali ini BWA melakukan pembinaan membaca Alquran untuk saudara-saudara di Magetan, Ponorogo, Madiun, Nganjuk dan Sidoarjo. Masing-masing kabupaten membuat pelatihan Metode Abyan di satu desa,” kata Ustadz Hasyim, mentor Abyan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/12).

Ia menambahkan, untuk memastikan keberlanjutan pelatihan ini, beberapa ustadz setempat diberikan training mengenai Metode Abyan ini.  Sehingga,  peserta dapat melanjutkan latihan ke ustadz setempat.

 

Salah satu peserta di desa Talun, Ponorogo, Mbah Samin, sudah berusia 80 tahun, “Saya ingin bisa baca Quran walau sudah tua.  Saya tertarik ingin ikut pelatihan ini," ujarnya.

Ustadz Hasyim selaku ketua tim lapangan menegaskan, “Melihat semangat masyarakat belajar alquran, kami berharap bisa melanjutkan kegiatan ini dan bisa bekerja  sama lebih intensif dengan pemerintah setempat agar lebih efektif memberantas buta huruf Alquran."

Seiring dengan aktivitas pelatihan ini, BWA, Galena dan IOF melakukan distribusi Alquran  wakaf sejumlah 5 ribu eksemplar, yang dilakukan secara bertahap. “Saat ini merupakan tahap pertama distribusi sambil terus mengupayakan penggalangan Alquran wakaf. Secara keseluruhan BWA merencanakan 100 ribu Alquran wakaf untuk Jawa Timur. Hal itu  mengingat pertumbuhan pesantren, rumah tahfidz dan  TPQ yang tinggi. Juga untuk menggantikan Alquran yang sudah tidak layak di masjid dan  surau di  Jawa Timur,” paparnya.

BWA, Galena dan IOF berharap wakaf 100 ribu  Alquran  untuk Jawa Timur dapat terlaksana dan menjadi wasilah tumbuhnya para hafidz Quran dari Jawa Timur.  “BWA mengajak kaum Muslimin untuk berwakaf Alquran. Keterangan detail dapat dilihat di www.bwa.id,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement