Kamis 23 Dec 2021 06:04 WIB

Selama November Rumah Zakat Berdayakan 210.332 Penerima Manfaat

Rumah Zakat telah berhasil bahagiakan masyarakat desa.

Sepanjang November 2021 Rumah Zakat telah memberdayakan sebanyak 210.332 penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua.
Foto: Rumah Zakat
Sepanjang November 2021 Rumah Zakat telah memberdayakan sebanyak 210.332 penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat, Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan ini direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Dilandasi dengan semangat untuk menjadi NGO terbaik dalam menyalurkan kebahagiaan antara para donatur dan juga penerima manfaat, Rumah Zakat tidak hanya berkomitmen menjadi lembaga yang terpercaya, progresif, dan profesional, tapi juga dapat berkolaborasi dengan beragam pihak demi terciptanya pemberdayaan masyarakat Indonesia. 

Hasilnya, sepanjang November 2021 Rumah Zakat telah memberdayakan sebanyak 210.332 penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua melalui berbagai program yang sudah dicanangkan dalam berbagai bidang diantaranya: Pertama Bidang Pendidikan dengan 79.931 Penerima Manfaat melalui program Beasiswa Anak Juara, Sekolah Juara, dan Vokasi & Literasi. 

Kedua Bidang Kesehatan dengan 9.415 Penerima Manfaat melalui program Bebas Stunting, Ramah Lansia, Ambulans, Klinik Umum & LGB/RGB/KIA. Ketiga Bidang Ekonomi dengan 2.735 Penerima Manfaat melalui program Bantuan Wirausaha, Tani Berdaya serta Budidaya Peternakan. Keempat Bidang Lingkungan dengan 3.014 Penerima Manfaat melalui program Bank Sampah, Kebun Gizi, Air Bersih & Sanitasi serta Siaga Bencana.

Selain itu, ada juga Bidang Dakwah dengan 114.873 Penerima Manfaat serta Infrastruktur dengan 364 Penerima Manfaat. 

Sedangkan jika dikelompokkan berdasarkan Asnaf, total penerima manfaat program Pemberdayaan Rumah Zakat terdiri dari 55,5 persen Fii Sabilillah, 43,4 persen Miskin, 0,6 persen Fakir, 0,3 Muallaf, 0,1 persen Gharimin, dan 0,1 persen Ibnu Sabil.

Alhamdulillah Dana Zakat, Infak dan Sedekah yang sahabat amanahkan kepada Rumah Zakat telah berhasil bahagiakan masyarakat desa. Terimakasih atas do’a serta dukungan yang senantiasa diberikan kepada Rumah Zakat. 

Semoga Rumah Zakat bisa terus menjaga amanah dan berkontribusi untuk masyarakat sehingga seiring berjalannya waktu akan semakin banyak masyarakat yang bisa diberdayakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement