Rabu 22 Dec 2021 15:10 WIB

Cetak Sejarah, Pereli Wanita Arab Saudi Siap Beradu dalam Ajang Reli Dakar

Mashael Al-Obaidan menjadi wanita Arab Saudi pertama yang mengikuti Reli Dakar.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cetak Sejarah, Pereli Wanita Arab Saudi Siap Beradu dalam Ajang Reli Dakar. Mashael Al-Obaidan (33 tahun) menjadi wanita Saudi pertama yang akan mencetak sejarah persaingan Reli Dakar. Al-Obaidan mengaku siap untuk debut perdananya di ajang yang paling menantang di Dakar Rally 2022 yang akan berlangsung pada 2-14 Januari mendatang.
Foto:

Mashael Al-Obaidan memiliki sejarah yang panjang hingga akhirnya jatuh cinta pada dunia balapan. Al-Obaidan mulai balapan ketika dia masih kecil bersama ayahnya. 

Apa yang dilakukan bersama ayahnya dan kecintaannya pada gurun dan petualangan off-road dengan sepeda quad, akhirnya berubah menjadi hobi, kemudian hasrat untuk bepergian dan bersaing. “Ayah saya memberi saya sebuah quad sebagai hadiah ketika saya masih kecil, dan saya tumbuh menjelajahi dunia kereta, sepeda motor trail, dan sepeda motor sejak usia muda,” katanya. 

“Saat belajar di AS untuk gelar master saya, saya akan naik van kemping VW dan pergi tur selama berbulan-bulan pada suatu waktu. Saya akan mengunjungi sumber air panas, air terjun, atau menyelam scuba. Begitulah cara saya menemukan diri saya dan mulai mengambil kursus sepeda motor trail, yang menjadi hobi, dan mendapatkan lisensi sepeda motor,” ujarnya.

Ketika ia kembali ke Arab Saudi, ia segera menghubungi Federasi Otomotif & Sepeda Motor Saudi untuk ikut berkompetisi. Sebuah pertandingan yang sebelumnya dilarang untuk perempuan di Saudi, namun sejak 2018 larangan tersebut telah dicabut. 

“Saya ingin balapan lagi dan lagi. Ketika Anda melakukan itu, Anda memahami diri sendiri dan di mana Anda berdiri. Pada tahap ini, saya bertahan dengan kelas T3 tetapi ke depan saya ingin balapan di T1. Saya masih harus banyak belajar,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement