Rabu 22 Dec 2021 07:58 WIB

Masjid Raya Sumatra Barat Menang Desain Masjid Terbaik Dunia

Penghargaan ini membuktikan karya arsitek Indonesia diakui dunia.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Raya Sumatera Barat Menang Desain Masjid Terbaik Dunia. Suasana Masjid Raya Sumbar di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/11/2021).  Masjid ini mampu menampung sekitar 20.000 jemaah yang terdiri dari 3 lantai. Alih-alih memiliki kubah, masjid kebanggaan warga Sumbar ini memiliki desain mirip rumah gadang.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Masjid Raya Sumatera Barat Menang Desain Masjid Terbaik Dunia. Suasana Masjid Raya Sumbar di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/11/2021). Masjid ini mampu menampung sekitar 20.000 jemaah yang terdiri dari 3 lantai. Alih-alih memiliki kubah, masjid kebanggaan warga Sumbar ini memiliki desain mirip rumah gadang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Desain Masjid Raya Sumatra Barat di Padang menjadi pemenang Abdullatif Al-Fozan Award, ajang penghargaan yang menampilkan karya dan desain masjid dari negara-negara berpenduduk Muslim dunia. Penerima penghargaan tersebut, Rizal Muslimin yang menjadi perancang desain Masjid Raya Sumatera Barat. Rizal berasal dari kantor arsitektur kenamaan asal Bandung, Urbane Indonesia (UI). 

UI merupakan kantor arsitektur yang dibuat oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelum berkecimpung ke dunia politik. Ada tiga masjid dari UI yang masuk ke dalam nominasi Abdullatif Al-Fozan Award selain Masjid Raya Sumatra Barat. 

Baca Juga

photo
Masjid Raya Sumatra Barat - (ROL/Havid Al Vizki)

Dua masjid lainnya bahkan dirancang langsung Ridwan Kamil, yakni Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan dan Masjid Al Safar di rest area KM 88 Jalan Tol Purbaleunyi. "Jadi yang mendapat penghargaan itu ada tiga kategori. Satu arsitek pemenang sayembara namanya kang Rizal Muslimin arsitek saya dulu, yang di-backup oleh kantor saya, namanya Urbane Indonesia dan PT Penta yang menggambar teknisnya," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/12).

Emil mengaku bangga dengan capaian yang diraih Rizal. Hal ini membuktikan karya arsitek di Indonesia telah diakui oleh dunia.

 

photo
Masjid Raya Sumbar - (Febrian Fachri/Republika.co.id)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement