Senin 13 Dec 2021 20:02 WIB

Kemenag Jaksel Perketat Pengawasan Lembaga Pendidikan

Kemenag Jaksel juga akan mengawasi status dan perizinan sekolah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ani Nursalikah
Kemenag Jaksel Perketat Pengawasan Lembaga Pendididikan. Seorang guru sedang mengajar di madrasah (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memerintahkan jajarannya di Kementerian Agama mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota melakukan investigasi menyeluruh serta mitigasi pencegahan kekerasan seksual di lembaga pendidikan keagamaan. "Kita sedang investigasi untuk menurunkan semua jajaran Kemenag, melakukan investigasi di daerah masing-masing. Jadi kalau ada hal serupa, kita akan lakukan mitigasi serupa. Jadi jangan tunggu ada kejadian dulu," ujarnya di Jakarta, pekan lalu.

Yaqut khawatir kasus kekerasan seksual yang dilakukan guru lembaga pendidikan sekolah berasrama, HW (36 tahun), terhadap belasan santriwati di Kota Bandung merupakan fenomena puncak gunung es yang selama ini tak terungkap di satuan pendidikan keagamaan. Investigasi dan mitigasi, kata dia, akan dilakukan di seluruh satuan pendidikan, mulai dari madrasah, pesantren hingga perguruan tinggi. Ia berharap tim tersebut dapat menginvestigasi dan mengungkap hingga memitigasi potensi kekerasan seksual.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menegaskan kasus viral pemerkosaan terhadap 12 anak di Kota Bandung bukan terjadi di pondok pesantren, tapi di lembaga pendidikan berjenis boarding school atau sekolah asrama.

Wakil Gubernur sekaligus Panglima Santri Jabar Uu Ruzhanul menilai kasus yang terjadi di Kota Bandung tersebut mencemari nama baik pesantren. "Ternyata yang di Bandung itu kan bukan pesantren, tapi boarding school. Dengan pesantren sangat berbeda dan jauh," ujar Uu, Sabtu (11/12).

Menurut Uu, terdapat sejumlah unsur yang menjadi ciri pendidikan pondok Pesantren. Di antaranya meliputi unsur kyai, santri menetap (muqim), pondok, masjid, dan yang utama adalah kajian kitab kuning. Tak kalah penting di Pondok Pesantren juga biasanya ditanamkan rasa nasionalisme, dan cinta terhadap NKRI kepada para santrinya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement