Sabtu 04 Dec 2021 18:58 WIB

2 Tanda Ketakwaan Hamba dan 5 Jalan Jaga Anggota Tubuh   

Ketakwaan seorang hamba bisa diketahui secara kasat mata

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ketakwaan seorang hamba bisa diketahui secara kasat mata. Ilustrasi sholat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ketakwaan seorang hamba bisa diketahui secara kasat mata. Ilustrasi sholat

REPUBLIKA.CO.ID, – Orang Muslim bertakwa memiliki beberapa tanda yang terlihat. Orang bertakwa senantiasa melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua Larangan-Nya. 

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, terdapat dua tanda ketakwaan seorang hamba, di antaranya: 

Baca Juga

1. Senantiasa menjaga sholat   

Allah ﷻ telah menyebut rutinitas ibadah sholat  dengan menjaga dan memelihara. Di dalam surat Al Maarij ayat 34 Allah ﷻ  berfirman: 

وَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَلٰى صَلَاتِهِمۡ يُحَافِظُوۡنَؕ  

"Dan orang-orang yang memelihara sholatnya." 

Maka barangsiapa yang senantiasa menjaga ibadah sholat nya, baik dari sisi ketepatan waktu, kekhusyukan, ketundukan, maupun mendirikannya dengan berjamaah, niscaya Allah ﷻ akan menjaga dirinya di saat orang-orang mengalami kebinasaan dan kehilangan pegangan. 

اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ 

"Sesungguhnya sholat  itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar." (QS Al Ankabut ayat 45). 

2. Menjaga anggota badan  

Di antara cara agar mendapatkan penjagaan Allah ﷻ adalah dengan menjaga anggota badan dari segala bentuk maksiat dan mempergunakannya untuk menjalankan ketaatan kepada Allah ﷻ, yaitu sebagai berikut:  

Pertama, menjaga hati  

Penjagaan Allah ﷻ akan diturunkan manakala seorang hamba menjaga hatinya dari segala keinginan dan sesuatu yang syubhat. Jika segumpal daging ini hilang dari seorang hamba, maka semuanya akan hilang pula. Segumpal daging ini adalah hati.  

Kedua, menjaga lisan  

Cara seseorang yang menjaga Tuhannya, di antaranya adalah dengan menjaga lisannya. Lisan (lidah) merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting sekali karena segala bentuk maksiat dan perbuatan mungkar itu bermula dari lisan.  

Laa ilaaha illallaah, berapa banyak orang yang terjerembab dalam kehinaan karena lisannya, dan berapa banyak orang bergelimang noda dan dosa karena lisannya. Berapa banyak orang yang amal perbuatannya tiada arti karena sum'ah.  

Ketiga, menjaga pendengaran  

Hal lain dari menjaganya seseorang terhadap Tuhannya adalah ketika ia menjaga pendengarannya. Ia hanya menggunakan pendengarannya untuk mendengarkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai positif baik di dunia maupun di akhirat.  

Keempat, menjaga pandangan 

Mata, jika dibiarkan memandang sesuatu yang haram, merupakan salah satu panah iblis. Dan barangsiapa yang memejamkan matanya dari sesuatu yang haram, maka Allah ﷻ akan menggantinya dengan manisnya iman yang tertanam dalam kalbunya.  

Kelima, menjaga perut 

Sesuatu yang seharusnya dijaga setiap Muslim adalah perutnya. Hendaknya ia menjaga perutnya dari makanan yang haram, sehingga ia tidak akan makan kecuali makanan yang halal dan yang diperbolehkan Allahﷻ.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement