Selasa 30 Nov 2021 21:30 WIB

Tinjau Lokasi Muktamar, Ketum PBNU: Tanggal Belum Ditentukan

Kiai Said pastikan PBNU siap gelar muktamar meski tanggal belum ditentukan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj, pastikan PBNU siap gelar muktamar meski tanggal belum ditentukan
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj, pastikan PBNU siap gelar muktamar meski tanggal belum ditentukan

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TENGAH – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj meninjau langsung kesiapan lokasi pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di kompleks Ponpes Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah. 

Dia pun menegaskan kesiapannya untuk melaksanakan Muktamar ke-34. Kiai Said tidak menampik jika waktu pelaksanaan Muktamar NU masih simpang siur alias belum ada keputusan definitif. 

Baca Juga

Sempat beredar kabar Muktamar akan dilaksanakan 17 Desember, muncul desakan juga untuk diundur sampai Januari 2022. 

“Pada intinya kita siap melakukan Muktamar. Kalau terkait tanggal dan hari kita belum tentukan. Makanya ini kita cek dulu kesiapannya. Yang Jelas kita siap mengadakan hajat NU ini,” kata Kiai Said dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (30/11). 

 

"Pekan-pekan ini kita akan adakan rapat dahulu bersama Jajaran kepengurusan PBNU," imbuhnya.  

Saat ditanya soal kabar di media yang menyebutkan bahwa Muktamar bakal dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2021 sesuai arahan Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Kiai Said menjelaskan bahwa keinginan seperti itu sah-sah saja. 

Namun, kata dia, yang jelas pekan ini pihaknya akan bermusyawarah dahulu untuk menentukan tanggal yang tepat. 

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, KH Ahmad Ishomuddin, saat disinggung kesiapannya mengatakan, pihaknya  menunggu instruksi dan surat resmi dari PBNU. "Kalau progress persiapan kita tetap jalan sesuai dengan agenda,” Katanya. 

Baca juga: 27 PWNU Siap Muktamar 17 September 2021

Terkait progress pembangunan aula utama tempat dibukanya Muktamar, kiai yang biasa dipanggil Gus Ishom ini menjelaskan pihaknya akan sekuat tenaga mempercepat pembangunan. 

"Mulai hari ini para pekerja akan lembur total untuk mengejar waktu penyelesaian," jelas Gus Ishom. 

Berdasarkan hasil keputusan dari Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) NU yang digelar pada 25-26 September 2021 di Jakarta, sedianya Muktamar NU k-34 dijadwalkan pada 23-25 Desember 2021 mendatang di Lampung. 

Menyusul adanya keputusan pemerintah yang menerapkan kebijakan PPKM level 3 pada 24 Desember-2 Januari 2022, maka rencana awal tersebut dibatalkan. 

Namun, pihak PBNU sampai saat ini belum mengeluarkan putusan terkait adanya rencana perubahan tanggal pelaksanaan Muktamar ke-34 NU tersebut.     

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement