Selasa 23 Jul 2024 04:03 WIB
Muhyiddin, Fuji EP

Houthi Ancam Saudi, Ini Beda Pernyataan MUI, PBNU dan Muhammadiyah

Negara-negara Arab diminta bersatu melawan Israel.

Pendukung kelompok Houthi
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Pendukung kelompok Houthi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejuang Houthi di Yaman mengancam akan mengebom infrastruktur penting di Arab Saudi jika membantu Israel dan negara-negara Barat terkait eskalasi konflik beberapa hari terakhir ini. Ancaman ini direspons dengan nada berbeda antara pejabat teras di Majelis Ulama Indonesia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PP Muhammadiyah.

MUI melihat ancaman Houthi tersebut adalah reaksi membela Palestina yang sedang dijajah dan dimusnahkan secara brutal oleh zionis Israel dan sekutunya.

Baca Juga

BACA JUGA: Gunung Gede dan Pangrango Membeku dan Makhluk yang Lebih Kuat dari Gunung

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Prof Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, Houthi dan Hizbullah serta yang lain-lainnya sebenarnya memberikan dukungan secara militer untuk melakukan pembelaan terhadap Palestina. Dia menjelaskan, persoalannya adalah pembelaan terhadap Palestina, dukungan terhadap Palestina, dan menjaga Palestina agar tidak dihancurkan oleh Israel.

"Semua negara termasuk Uni Emirat Arab (UEA) atau negara-negara lain yang selama ini punya hubungan diplomatik dengan Israel, agar meninjau ulang dan mulai saatnya sekarang ini membantu dan mendukung perjuangan Palestina," kata Sudarnoto kepada Republika, Senin (22/7/2024)

Sudarnoto mengatakan, ekspektasi masyarakat internasional terhadap Arab Saudi, UEA dan negara-negara lain yang telah melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel adalah meninjau ulang keputusan tersebut. Masyarakat internasional berharap Arab Saudi, UEA dan negara-negara lainnya bangkit membela Palestina.

Akan tetapi, menurut Sudarnoto, Israel yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) selalu berusaha untuk meyakinkan Arab Saudi supaya memberikan dukungan kepada Israel. MUI menilai Arab Saudi tidak perlu mendukung Israel.

"Sebetulnya sudah ada pernyataan resmi dari pemerintah Arab Saudi dan sudah jelas bahwa (Arab Saudi) akan memberikan dukungan terhadap Palestina," ujar Sudarnoto.

photo
Ketua Komisi pendidikan dan Kaderisasi MUI, Dr Sudarnoto Abdul Hakim saat ditemui di Jl. Ciniki Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7). - (Republika/Nugroho Habibi)

Sudarnoto mengatakan, jangan sampai Arab Saudi tergoda oleh tawaran AS dan memberikan dukungan kepada Israel. Dia menilai, pernyataan berupa ancaman dari Houthi untuk Arab Saudi itu hanya rekasi. 

Menurut dia,  Houthi hanya mengimbau Arab Saudi agar jangan memberikan dukungan kepada Israel. Namun karena Houthi karakternya keras jadi pesannya memakai ancaman.

"Jadi bisa dimengerti (apa yang dilakukan Houthi) meskipun mungkin bisa dilakukan dengan cara-cara lain, tetapi intinya sebetulnya Houthi berkeinginan agar Arab Saudi tegas berada di pihak pembela Palestina, kira-kira gitu maksudnya," jelas dia.

Cegah serangan Houthi..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement