Jumat 26 Nov 2021 22:11 WIB

Kader Muda MUI Kalimantan Siap Jadi Mujahid Digital

Mujahid muda nantinya bisa meluruskan berita dan informasi yang hoaks.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham Tirta
Melawan Berita Hoaks (Ilustrasi)
Foto: VOA
Melawan Berita Hoaks (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) muda regional Kalimantan mendeklarasikan diri siap menjadi mujahid digital muda. Deklarasi itu diikrarkan usai menjalani Workshop Literasi Media Berwawasan Islam Wasathiyah yang diselenggarakan MUI Pusat dan Kaementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu (23/11) sampai Jumat (26/11).

Acara dilaksanakan di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Kalimantan Barat. Peserta yang mengikuti workshop adalah pengurus MUI masing-masing provinsi yang berusia muda dengan jumlah sekitar 60 orang.

Baca Juga

Ketua Komisi Infokom Pusat, Mabroer membacakan enam butir ikrar yang kemudian diikuti oleh ulama muda se Kalimantan yang menjadi peserta workshop. Saat membacakan ikrar, Mabroer juga didampingi utusan MUI Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Mabroer berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dapat membuat para peserta menjadi agen dakwah digital melalui unggahan positif dan mengedepankan kebenaran. "Dengan Workshop ini akan lahir generasi mujahid muda yang senantiasa membumikan nilai Islam Wasathiyah di ruang digital, baik media sosial, konten video dan platform digital lainnya," ujar Mabroer dalam keterangannya, Jumat (26/11).  

 

Mabroer juga menyinggung tantangan ekosistem digital yang semakin berat. Tidak hanya itu, menurut dia, saat ini juga sedang gencar berita bohong, hoaks, ujaran kebencian yang nyatanya telah meresahkan masyarakat.

 

Karena itu, Mabroer berharap para mujahid muda di dunia digital itu bisa memiliki wawasan keilmuwan yang luas, baik yang sifatnya literatur Islam Wasathiyah maupun yang sifatnya pengetahuan umum. "Mujahid muda itu nantinya bisa juga meluruskan berita dan informasi yang hoaks," kata Mabroer.

 

Workshop literasi digital yang dilaksanakan Infokom MUI Pusat bersama Kementerian Kominfo itu dilaksanakan di seluruh provinsi se- Indonesia. Rencananya kegiatan terakhir akan digelar di Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement