Rabu 24 Nov 2021 05:05 WIB

Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua

Sudah seyogyanya seorang anak menghormati kebijaksanaan orang tua.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua
Foto:

Deana Nassar, penulis artikel tersebut di laman About Islam, menyebut salah satu bentuk akhlak yang sangat penting yang harus diketahui, khususnya anak muda, yakni menghormati orang tua dan yang lebih tua dari kita. Nassar juga berbagi panduan tentang akhlak saat berhadapan dengan orang tua atau orang yang lebih tua.  

Orang tua dan orang yang lebih tua usianya tentu harus senantiasa dihormati seperti halnya Anda ingin mereka menghormati Anda. Sikap menghormati ini adalah bagian dari iman dan mengarah pada moral dan perilaku yang baik yang pada gilirannya memperkuat keimanan.

Akhlak dan sopan santun yang baik ini harus diperhatikan dalam kehidupan pribadi seseorang maupun dalam hubungan seseorang dengan orang lain. Islam telah mengangkat pentingnya kebaikan kepada orang tua ke derajat yang sangat tinggi.

Dalam banyak ayat Alquran, kebaikan kepada orang tua disebutkan setelah beriman kepada Allah. Dengan demikian, kasih sayang kepada orang tua adalah wajib.

Karena itu, hendaknya seseorang bersikap rendah hati di hadapan orang tua, berbicara sopan dengan mereka, melihat mereka dengan cinta dan hormat, berbicara dengan nada yang tidak melebihi nada mereka, memberi mereka akses penuh ke kekayaan Anda, dan menawarkan yang terbaik dari makanan atau minuman kepada mereka. Menghormati orang tua penting untuk diamalkan dan direnungkan, sebab suatu hari orang muda akan silih bergantian menjadi lemah dan tua. Selain itu, orang tua juga telah membesarkan anaknya sehingga menjadi Muslim yang baik.

photo
Adab agar Doa Dikabulkan - (Republika)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement