Jumat 12 Nov 2021 08:14 WIB

LPBI: Kiai Said Aktif Kampanye Penanganan Krisis Iklim Dunia

Keaktifan Kiai Said mengkampanyekan lingkungan hidup diapresiasi dunia internasional.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj
Foto:

“Dan lingkungan adalah cerminan keberadaan Allah, yang merusak lingkungan sama dengan mencoreng keberadaan Tuhan,” ucap Ali menirukan pernyataan Kiai Said. 

Hal lain yang disampaikan Kiai Said saat pertemuan dengan para tokoh dunia bahwa tidak ada cara lain untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan hidup selain melindungi alam semesta serta tidak melakukan kerusakan di muka bumi. 

Selaras dengan uraian tersebut di atas, setidaknya ada tiga peran dan kontribusi utama NU dalam environmental sustainability atau kelestarian lingkungan hidup. Pertama, menyusun konsep fiqih sosial atau lingkungan hidup. Pada 80-an, untuk pertama kalinya NU membuat konsep fiqh lingkungan hidup.

Kedua, membahas tema-tema krisis lingkungan hidup dalam bahtsul masail. sejak tahun 90-an NU sangat giat mendiskusikan tema-tema tentang kelestarian hidup seperti peran dan tanggung jawab negara dan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Ketiga, membentuk lembaga lingkungan hidup.

Lembaga tersebut diberi nama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU). Pembentukan lembaga ini disepakati pada Muktamar ke-32 NU di Makassar tahun 2010. LPBINU kemudian dikukuhkan dan ditetapkan pada rapat pleno harian PBNU. Lembaga ini merupakan perpanjangan tangan NU dalam bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement