Selasa 09 Nov 2021 21:25 WIB

Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius

Suhu panas super ekstrem mendesak inovasi adaptasi jamaah haji.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Meiliza Laveda/Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Timur Tengah Diprediksi Alami Suhu 60 Derajat Celsius. Lebih dari 2,7 juta pohon ditanam di Timur Arab Saudi.
Foto:

Namun, langkah-langkah adaptasi hanya membantu jika kelangsungan hidup di wilayah tersebut memungkinkan, yakni jika jutaan penduduk Timur Tengah dan Afrika Utara melakukan tindakan. Para peneliti setuju tanpa emisi gas rumah kaca yang segera dan menurun dengan cepat, situasi di kawasan MENA akan menjadi situasi yang suram dalam beberapa dekade mendatang.

“Ketika sekitar 600 juta orang dihadapkan pada gelombang panas yang mengancam jiwa [dan] kekurangan makanan dan air berikutnya, satu-satunya cara bertahan hidup adalah menuju ke bagian dunia yang lebih dingin, berlimpah sumber daya, dan masih berkembang,” tulis Hafed al- Ghwell dari Institut Kebijakan Luar Negeri di Universitas John Hopkins.

Arab Saudi berencana menanam 100 ribu pohon menggunakan drone atau pesawat nirawak di cagar alam utara Saudi. Langkah tersebut merupakan bagian dari rencana untuk mengembangkan vegetasi, memerangi penggurunan, dan membudidayakan pohon lokal serta tanaman liar di Cagar Alam Kerajaan Imam Turki bin Abdullah di Hail.

Menteri dan Ketua Dewan Direktur Cagar Alam Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd mengatakan kampanye penghijauan bertujuan melestarikan keanekaragaman lingkungan dan memperkuat perlindungan lingkungan. Drone akan digunakan untuk menyebarkan benih di lebih dari 200 hektare lahan.

Sebagai bagian dari Inisiatif Hijau Saudi dan Timur Tengah yang diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman awal tahun ini, Arab Saudi bertujuan menanam 10 miliar pohon di Kerajaan dalam beberapa dekade mendatang. Arab Saudi mengumumkan serangkaian langkah-langkah menangani krisis iklim yang semakin intensif. Rencana iklim tersebut dituangkan dalam 'Inisiatif Hijau Timur Tengah' yang diluncurkan pada Senin (25/10).

Inisiatif tersebut termasuk mencapai nol emisi gas rumah kaca pada 2060, menanam 50 miliar pohon di Timur Tengah dalam beberapa dekade mendatang, dan meluncurkan proyek energi bersih senilai 10,4 miliar dolar untuk kawasan tersebut. Arab Saudi menguraikan rencana membangun pabrik hidrogen hijau terbesar di dunia yang ditenagai oleh energi matahari dan angin di kota futuristik Neom. Riyadh telah mengatakan 'Inisiatif Hijau Saudi' akan melibatkan investasi lebih dari 700 miliar riyal (187 miliar dolar AS) pada 2030.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement