Jumat 05 Nov 2021 05:45 WIB

6 Wasiat Agung Rasulullah SAW untuk Umat Islam

Rasulullah SAW berwasiat untuk senantiasa menjaga prinsip agama

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW berwasiat untuk senantiasa menjaga prinsip agama. Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Keempat, yang diucapkan Muslim ketika ditimpa musibah. 

عن سعد رضي الله عنه قَالَ: " كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ النَّبِيِّ ﷺ ، فَقَالَ : « أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِشَيْءٍ إِذَا نَزَلَ بِرَجُلٍ مِنْكُمْ كَرِبٌ ، أَوْ بَلَاءٌ مِنْ بَلَايَا الدُّنْيَا دَعَا بِهِ يُفَرَّجُ عَنْهُ» فَقِيلَ لَهُ : بَلَى ، فَقَالَ: « دُعَاءُ ذِي النُّونِ: لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Diriwayatkan dari Sa’ad RA, dia berkata. “Kami duduk bersama Nabi Muhammad ﷺ, maka beliau bersabda, “Maukah kalian aku kabarkan sesuatu yang jika di antara kalian tertimpa kesulitan atau musibah dari dunia, dia berdoa dengan doa ini, maka Allah mengeluarkannya dari kesulitannya. Sahabat menjawab, “Tentu.” Maka Rasulullah berkata, “(Yaitu) doanya Dzun Nun (Nabi Yunus): 

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tidak ada tuhan kecuali Engkau, Mahasuci Allah, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

Baca juga: 4 Jalan Menuju Allah SWT Menurut Imam Syadzili 

 

Kelima, bacaan agar terhindar dari musibah. Sebagaimana diriwayatkan Aban bin Utsman dari Utsman bin Affan RA. “Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang membaca: 

 بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Sebanyak tiga kali maka dia tidak tertimpa musibah hingga pagi dan petang, siapa membacanya tiga kali pada lagi hari maka dia tidak akan tertimoa musibah hingga petang.” 

Keenam, amanah Rasulullah untuk menjaga kita dan anak-anak dari bahaya dan malapetaka terutama bila kita sudah meninggal 

Baca juga: Nasihat KH Mashum Sufyan Supaya Tiru Filosofi Beras

Diriwayatkan Imam Nasai dalam Sunan-nya. Ahmad dari Qazah berkata, “Aku bersama Ibnu Umar,  maka ketika saya hendak pergi, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, 

قَالَ لُقْمَانُ الْحَكِيمُ : إِنَّ اللهَ إِذَا اسْتُودِعَ شَيْئًا حَفِظَهُ ، وَإِنِّي أَسْتَوْدِعُ اللهَ دَيْنَكَ ، وَأَمَانَتَكَ، وَخَوَاتِمَ عَمَلِكَ ، وَأَقْرَأُ عَلَيْكَ السَّلَامُ.

Berkata Lukman Al Hakim: Sesungguhnya Allah jika telah menitipkan sesuatu maka Allah akan menjaganya. Dam sesungguhnya Allah telah menitipkan agamamu, dan amanahmu, dan pengujung amalmu, dan ucapkanlah oleh kalian salam.”       

 

Sumber: masrawy 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement