Rabu 03 Nov 2021 05:55 WIB

9 Langkah yang Disarankan untuk Raih Keutamaan Alquran

Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi membaca Alquran
Foto:

Kelima, identifikasi dan hubungkan dengan makna ayat yang dibaca dan tanggapi dengan peka. Ketika membaca ayat-ayat tentang sifat-sifat Allah, ingatlah sifat Allah yang tak tertandingi dan keunikannya yang mutlak. 

Keenam, membayangkan bahwa Allah srdang berbicara langsung melalui Alquran yang dibaca. Seperti kata Almarhum Dr Iqbal, “Tidak ada nasihat dari siapa pun yang lebih bermanfaat bagi saya selain nasihat dari ibu saya yang mengatakan kepada saya, 'Anakku, ketika membaca Alquran, bayangkan dalam pikiranmu bahwa Allah berbicara kepadamu melaluinya!'” 

Inilah mengapa Muhammad ibn Ka`b Al-Qurazi, salah seorang ulama dari generasi setelah para sahabat Nabi berkata, “Barangsiapa yang menerima Alquran, maka Allah telah berbicara kepadanya!” 

Ketujuh, peka terhadap kandungan Alquran. Imam Al-Ghazali berkata, “Untuk mendapatkan manfaat dari Alquran, tiga bagian diri kita harus berpartisipasi dalam bacaan, yaitu lidah, pikiran, dan hati. Lidah mengartikulasikan suara Alquran, pikiran menerjemahkan maknanya, dan hati merasakan dan menerima nasihat dan nasihatnya.” 

Kedelapan, mengaplikasikannya dalam kehiduapan sehari-hari. Inilah sebabnya mengapa Nabi digambarkan Aisyah sebagai Alquran berjalan. Jadi tidak hanya kita harus membaca dan merenungkan pesannya, tetapi yang terpenting, kita harus bertindak sesuai dengannya. Ini adalah praktik para sahabat Nabi yakni dengan menggabungkan pengetahuan dengan praktik.

Kesembilan, tidak lupa bersholawat dan mengirimkan salam kepada Rasulullah. Hal ini karena hanya dialah penafsir yang paling unggul dan merupakan teladan dalam hidup. 

 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita senantiasa mengirimkan salam dan sholawat kepada beliau. Karena tanpa kecintaan yang mendalam kepada Rasul, kita tidak dapat benar-benar menghargai wahyu yang diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement