Senin 01 Nov 2021 12:59 WIB

Arab Saudi Dirikan Kota Kopi di Baha

Perkebunan di Baha akan ditanami 300 ribu pohon kopi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Dirikan Kota Kopi di Baha
Foto: Bayu Hermawan
Arab Saudi Dirikan Kota Kopi di Baha

REPUBLIKA.CO.ID, WADI AD-DAWASIR -- Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan untuk membangun kota pengembangan kopi di provinsi Mashuqa dan Al-Qara di wilayah Baha. Kota kopi ini akan dibangun di atas lahan seluas 1,6 juta meter persegi dan memiliki kapasitas operasional yang bisa menyediakan seribu kesempatan kerja dan menanam 300 ribu pohon kopi.

Direktur Cabang Kementerian di Baha Fahd Al-Zahrani mengatakan kementerian telah bekerja sama dengan masyarakat pertanian di Baljurashi untuk mendirikan. Nantinya, kota ini akan memiliki sejumlah fasilitas penting, seperti pabrik kopi terintegrasi untuk penyortiran, pemrosesan, pemanggangan, dan pengemasan.

Baca Juga

Selain itu, akan ada pusat pelatihan, pusat bisnis, dan pameran permanen. Bagi wisatawan yang akan berkunjung tak perlu khawatir, pemerintah juga menyiapkan area untuk perumahan dan perhotelan karena kementerian akan menjadikan kota kopi sebagai tujuan wisata.

Dilansir Arab News, Senin (1/11), Al-Zahrani menandakan kementerian sedang berusaha mendukung proyek budidaya kopi melalui banyak program dan inisiatif, termasuk merehabilitasi teras pertanian dan cadangan air hujan yang berkontribusi pada pemulihan 114 kebun kopi di wilayah Baha.

 

Selain itu, 17 ribu bibit telah dibagikan kepada petani secara gratis. Program Pembangunan Pedesaan Pertanian Berkelanjutan memberikan dukungan material ke delapan sektor, termasuk kopi untuk meningkatkan pertanian pedesaan, meningkatkan standar hidup petani, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

https://www.arabnews.com/node/1958921/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement