Selasa 26 Oct 2021 05:19 WIB

Laporan: Facebook Gagal Kekang Konten Anti-Muslim di India

Facebook gagal terutama dalam kasus di mana anggota Partai BJP terlibat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Facebook untuk smartphone (ilustrasi)
Foto:

Dalam sebuah pernyataan kepada AP, Facebook mengatakan telah berinvestasi dalam teknologi untuk menemukan ujaran kebencian dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Hindi dan Bengali. “Ujaran kebencian terhadap kelompok-kelompok yang terpinggirkan, termasuk Muslim sedang meningkat secara global. Jadi, kami meningkatkan penegakan dan berkomitmen memperbarui kebijakan kami saat ujaran kebencian berkembang secara daring,” kata juru bicara Facebook.

Dilansir TRT World, Senin (25/10), pada Februari 2019, salah seorang karyawan Facebook meneliti tentang ujaran kebencian di platform. Dia memantau pengguna baru di India dan melihat apa saja umpan berita jika hanya mengikuti halaman dan grup yang direkomendasikan oleh Facebook. Penelitian itu memakan waktu tiga pekan dan tercantum dalam catatan yang berjudul “Keturunan Pengguna Uji India ke Lautan Polarisasi, Pesan Nasionalistik.”

Karyawan yang namanya disunting mengaku terkejut oleh konten yang membanjiri umpan berita yang berisi informasi salah dan kental kekerasan. Grup yang tampaknya netral dan direkomendasikan oleh Facebook, dengan cepat berubah menyebarkan ujaran kebencian, kabar yang tidak diverifikasi, dan konten viral.

Sementara itu, kelompok yang direkomendasikan Facebook, dibanjiri dengan berita palsu, retorika anti-Pakistan, dan konten Islamofobia. “Mengikuti umpan berita pengguna uji ini, saya telah melihat lebih banyak gambar orang mati dalam tiga pekan terakhir daripada yang saya lihat sepanjang hidup saya,” tulis peneliti.

Ini memicu kekhawatiran dalam perpecahan di masyarakat. Para peneliti mengatakan mereka berharap temuan ini akan memulai percakapan tentang cara menghindari kerusakan integritas, terutama bagi mereka yang berbeda secara signifikan dari pengguna Amerika.

https://www.trtworld.com/asia/facebook-failed-to-curb-anti-muslim-content-in-india-says-leaked-report-51017

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement