Rabu 06 Oct 2021 15:14 WIB

Laporan: Pembunuhan Suku Hazara Tanggung Jawab Taliban

Laporan Amnesty terbaru menduga Taliban menembak mati 13 orang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Laporan: Pembunuhan Suku Hazara Tanggung Jawab Taliban
Foto:

Menurut beberapa video dan foto yang diambil setelah pembunuhan dan diperiksa oleh Organisasi Hak Asasi Manusia Amnesty, 11 korps anggota ANDSF yang berusia antara 28 hingga 46 tahun dipaksa berbaris dan ditembak di kepala.

Diketahui Taliban telah membunuh 13 orang yang semuanya berasal dari suku Hazara. Keesokan harinya, penduduk desa membawa jenazah ANDSF ke Dahani Qul dan menguburkan mereka. Taliban telah memperingatkan anggota keluarga yang tersisa untuk kembali dan menyerah dalam tiga hari.

Dilansir TRT World, Rabu (6/10), pada 1 September, kepala polisi yang ditunjuk Taliban untuk provinsi Daykundi Sadiqullah Abed, menolak semua tuduhan tentang pembunuhan. Dia menegaskan seorang anggota Taliban telah terluka dalam serangan di Daykundi. Ini berbeda 180 derajat dari gambar dan video yang diambil setelah eksekusi.

“Eksekusi berdarah dingin ini adalah bukti Taliban melakukan pelanggaran mengerikan yang sama saat mereka menguasai Afghanistan sebelumnya,” kata Sekretaris Jenderal Amnesty International Agnès Callamard.

Meskipun Taliban mengaku tidak menargetkan pegawai pemerintah sebelumnya, pembunuhan ini menunjukkan kontradiksi yang jelas. Selain itu, ini bukan pembantaian pertama Taliban terhadap orang-orang dari suku Hazara.

Sebelumnya, sebuah laporan Amnesty mengungkapkan Taliban memusnahkan sembilan pria Hazara setelah menguasai provinsi Ghazni. Beberapa dari mereka disiksa secara brutal setelah dituduh bekerja untuk pemerintah Afghanistan.

Callamard mendesak agar Taliban segera menghentikan tindakan kejam ini dan memastikan pegawai pemerintah sebelumnya dan keluarga mereka dapat hidup aman di Afghanistan. “Pemerintah baru harus menjelaskan pelanggaran berat seperti itu tidak akan ditoleransi dan mereka yang bertanggung jawab akan diadili,” ujar dia.

https://www.trtworld.com/magazine/i-can-kill-again-taliban-is-held-accountable-for-killing-hazaras-50498

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement