Kamis 30 Sep 2021 09:10 WIB

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London

Pada 8 Mei 2021, ia kembali memegang jabatan yang sama untuk kedua kali.

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London.
Foto:

Pengacara hak asasi manusia

Setelah menyelesaikan pendidikan di Tooting, Khan mempelajari hukum di universitas di London. Ia bekerja sebagai pengacara HAM lebih dari satu dekade.

Dia menjadi konselor termuda London pada usia 23 tahun saat terpilih menjadi otoritas lokal di Tooting. Dia juga menjadi ketua Liberty, organisasi terkemuka hak asasi manusia di Inggris dan Wales selama tiga tahun.

Khan terpilih menjadi anggota Parlemen Inggris pada 2005. Dia menjadi menteri transportasi antara 2009 dan 2010.

Menjalankan ibadah sebagai seorang Muslim

Meski menjalankan ibadah seperti layaknya Muslim, Khan memberi suara mendukung pernikahan sejenis pada 2013. Keputusannya menuai ancaman pembunuhan dari ekstremis.

Dia tidak minum alkohol, namun kerap mengunjungi pub dan meminta pub tidak ditutup. Khan menikahi rekan sesama pengacara Saadiya Khan pada 1994 dan memiliki dua anak perempuan.

Dia menjadi anggota parlemen Muslim pertama yang akan dipilih pada 2005. Dia menulis buku Fairness Not Favours - How to connect with British Muslims tiga tahun kemudian.

photo
Wali Kota baru London Sadiq Khan melihat jam tangannya dalam upacara penandatanganan jabatannya di Katedral Southwark, London, Sabtu 7 Mei 2016. - (Yui Mok/Pool via AP)
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement