Rabu 29 Sep 2021 21:15 WIB

Al Washliyah: Edukasi Nilai Pancasila Masih Kurang Masif

Generasi milenial sangat rentan tercerabut dari nilai-nilai luhur Pancasila

Generasi milenial sangat rentan tercerabut dari nilai-nilai luhur Pancasila. Ilustrasi Pancasila
Foto:

Sebaliknya, bila hal itu tidak dilakukan, menurut Affan,melemahnya pemahaman generasi muda terhadap Pancasila sehingga bisa berakibat melencengnya masyarakat kepada pemahaman-pemahaman lain, misalnya komunisme yang membahayakan persatuan bangsa.

"Kaum milenial bisa lupa akan sejarah komunisme jika tidak disampaikan secara keberlanjutan. Sejarah ini haruslah diturunkan generasi senior yang pernah melihat peristiwa tersebut dengan lebih masif. Keyword-nya adalah menyampaikan dengan masif," kata Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FKAPHI) ini.

Dia menilai kalau dewasa ini banyak sekali generasi yang sudah dan bahkan lupa akan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal tersebut sebagai kondisi yang miris dan pertanda kurang masifnya pola komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai nilai luhur bangsa, termasuk dalam kurikulum pendidikan.

"Jadi, artinya apa? Lembaga pendidikan butuh yang namanya Pendidikan Moral Pancasila. Pancasila harus menjadi satu kurikulum tersendiri, dan para pemangku kebijakan saya harap dapat membentuk satu mata ajar kurikulum yang bermateri Pancasila," tutur Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU MUI) ini.

Tidak hanya itu, Affan juga memandang perlu peran para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menelurkan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang ampuh dan sakti dalam menangkal berbagai tantangan kepada para pengikutnya dan anak didiknya. Itu bisa dilakukan dengan diinovasikan sedemikian rupa mengikuti era digitalisasi saat ini.

 

"Bagi saya adalah sebuah kewajiban untuk disampaikan. Jadi, hukumnya wajib untuk disampaikan para tokoh, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun tokoh adat kepada para anak didik atau kepada kelompoknya agar itu terus berjalan. Ini adalah sebuah warisan dari leluhur yang tidak pernah usang," katanya.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement