Selasa 28 Sep 2021 04:25 WIB

Pesona Masjid Pertama UEA yang Dirancang Arsitek Wanita

Banyak elemen dalam desain Masjid Gargash yang menyimpang dari norma.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Pesona Masjid Pertama UEA yang Dirancang Arsitek Wanita. Arsitek wanita Sumaya Dabbagh yang membangun Masjid Mohamed Abdulkhaliq Gargash di Uni Emirat Arab (UEA). Dia adalah salah satu wanita pertama yang membangun masjid.
Foto:

"Kami ingin membuat sesuatu yang mengacu pada arsitektur Islam, tetapi dengan cara yang lebih kontemporer. Jadi kami menafsirkan ulang banyak pola Islam tradisional, dan benar-benar menyederhanakan sampai kami sampai pada pola segitiga ini yang telah kami gunakan selama ini," lanjutnya.

Struktur yang dihasilkan benar-benar bagus dan tenang, dengan sebuah oasis yang meneduhkan berada di samping hiruk pikuk jalan raya yang sibuk. Begitu jamaah memasuki gerbang masjid, mereka dibawah dalam perjalanan dari dunia material luar, melalui sebuah halaman yang teduh, menuju area wudhu, dan kemudian ke ruang sholat.

Sementara itu, jendela berbentuk segitiga melubangi dinding masjid, sehingga memungkinkan masuknya pecahan cahaya yang dinamis. Selain itu, terdapat ayat-ayat Alquran yang dipilih dengan cermat yang ditempelkan ke dinding di sekitar mihrab, dan dicetak ke fasad eksterior bangunan.

Tujuan kaligrafi luar ini adalah untuk menciptakan pita pelindung metaforis di sekitar masjid. Sementara ayat berbunyi "Yang Maha Penyayang" yang tertulis di dinding menanamkan sebuah energi suci di seluruh bangunan masjid.

Banyak elemen dalam desain Masjid Gargash yang menyimpang dari norma. Tidak ada jendela berbentuk tradisional, melainkan desain unik yang membutuhkan waktu untuk diterima oleh para perencana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement