Senin 20 Sep 2021 12:34 WIB

AS Ajak Lebih Banyak Negara Arab Normalisasi Hubungan Israel

Empat negara Arab sudah melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
 AS Ajak Lebih Banyak Negara Arab Normalisasi Hubungan Israel. Menteri Luar Negeri Antony Blinken.
Foto:

Hubungan diplomatik ini menghancurkan konsensus Arab bahwa tak boleh ada normalisasi dengan Israel hingga mencapai kesepakatan damai yang komprehensif dengan Palestina. Setelah perjanjian tersebut, pemerintahan Trump memvalidasi klaim Maroko atas wilayah Sahara Barat yang diperebutkan. 

Kemudian, Sudan dihapus dari daftar negara sponsor terorisme AS. Lalu, UEA mendapatkan kesepakatan jet tempur F-35 yang canggih, tetapi kesepakatan itu kemudian dibekukan oleh pemerintahan Biden.

Blinken mengaku AS berusaha memperbaiki hubungan dengan Palestina yang rusak parah saat pemerintahan Trump. Menurutnya, semua negara harus membangun hubungan ini dan menumbuhkan normalisasi untuk membuat perbaikan nyata dalam kehidupan orang Palestina.

"Dan untuk membuat kemajuan menuju tujuan jangka panjang yang tetap memajukan perdamaian yang dinegosiasikan antara Israel dan Palestina," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita mengatakan normalisasi bukanlah pengganti kesepakatan antara Israel dan Palestina. "Maroko percaya tidak ada alternatif lain untuk solusi dua negara dengan negara Palestina yang independen," ujarnya.

Sementara itu, baik otoritas Palestina (PA) maupun Hamas yang mengatur Jalur Gaza mengutuk kesepakatan normalisasi hubungan sebagai tikaman dari belakang rakyat mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement