Ahad 19 Sep 2021 06:15 WIB

Apakah Bencana Hukuman atas Dosa Manusia?

Allah SWT mengendalikan segala sesuatu di alam semesta.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Apakah Bencana Hukuman atas Dosa Manusia? Gempa Bumi. Ilustrasi
Foto:

Mengapa Allah tidak Mengintervensi?

Tentu, seorang Muslim mungkin bertanya: jika Allah Mahakuasa, tidak bisakah Dia menghentikan bencana ini? Dia menyebut jawabannya adalah, tentu saja Dia bisa. Dan Dia mungkin melakukannya setiap saat setiap hari. Bagaimana kita bisa tahu bencana macam apa yang Allah campur tangan untuk melindungi kita?

Tentang topik ini, Nabi Muhammad SAW dilaporkan telah memberi tahu para sahabatnya:

"Tidaklah seorang muslim yang menyeru Tuhannya dengan doa yang tidak mengandung dosa atau pemutusan tali silaturahmi, melainkan Allah akan memberikan kepadanya salah satu dari tiga hal: Dia akan cepat mengabulkan doanya, atau Dia akan menyimpan (pahala ) di akhirat, atau Dia akan mengalihkan kejahatan yang setara darinya," (HR. At-Tirmidzi)

"Dia telah menciptakan alam semesta untuk mengikuti serangkaian hukum. Ini adalah hukum fisika, hukum alam, dan berbagai hukum ilmiah lainnya," katanya.

"Apa yang kita lihat sekarang tentang perubahan iklim dan bencana alam adalah manifestasi dari hukum alam semesta. Perubahan iklim bumi memiliki konsekuensi dan kita melihatnya sekarang," tambahnya.

Leah Mallery mengatakan Allah SWT mengendalikan segala sesuatu di alam semesta, tetapi Dia juga telah memberi kita kehendak bebas dan kita harus menghadapi konsekuensi dari pilihan yang kita buat. Kita manusia perlu membuat pilihan yang lebih baik mengenai perawatan dan pemeliharaan planet bumi: rumah yang telah Allah berikan kepada kita.

"Dalam membuat pilihan yang lebih baik, kita mungkin dapat menghentikan perubahan iklim sebelum memburuk dan tidak melihat lebih banyak bencana seperti yang kita lihat sekarang," ujarnya.

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/natural-disasters-punishment-sin/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement