Rabu 15 Sep 2021 21:16 WIB

Anak Afghanistan Sembunyi di Bawah Truk Selundupkan Barang

Kemiskinan mendorong anak Afghanistan selundupkan barang ke Pakistan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Anak Afghanistan Sembunyi di Bawah Truk Selundupkan Barang. Seorang anak Afghanistan bersembunyi di bawah truk untuk menyelundupkan barang ke Pakistan, Rabu (15/9).
Foto:

Mereka yang beruntung dapat kembali melintasi perbatasan, sementara yang tidak beruntung dibuat berbaris di pinggir jalan dan menunggu, kehilangan waktu penyelundupan yang berharga dalam prosesnya. Sopir truk diperintahkan turun oleh penjaga perbatasan Pakistan dan disuruh membuka kunci kontainer atau kotak kecil.

“Setiap hari, anak-anak bersembunyi di bawah kendaraan dan melintasi perbatasan. Mereka terluka di bawah kendaraan. Mereka datang menyeberangi perbatasan tanpa izin, tetapi tentara mengirim mereka kembali” kata seorang pengemudi Afghanistan.

Sekarang menunggu untuk menyeberangi perbatasan bisa memakan waktu berhari-hari karena Taliban belum memberlakukan proses penyeberangan apa pun. Bagi sebagian dari mereka yang menonton ini, pemandangan sehari-hari anak-anak yang mengecoh penjaga perbatasan adalah momen yang melegakan. Namun, bagi Sayed Abdullah dari Rumah Sakit Persahabatan Afghanistan Pakistan 100 meter dari perbatasan tidak menganggapnya lucu.

“Tentara Taliban dan Pakistan hanya mengizinkan kami menjenguk 20 pasien setiap hari meskipun setidaknya bisa melihat 35 pasien atau lebih. Anak-anak yang terluka menggunakan ruang-ruang ini. Hal ini dapat dihindari jika penjaga di sisi lain menghentikan mereka,” ucap dia.

 

https://www.thenationalnews.com/world/asia/2021/09/15/meet-the-afghan-children-clinging-to-lorries-to-be-smuggled-into-pakistan/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement