Rabu 15 Sep 2021 21:16 WIB

Anak Afghanistan Sembunyi di Bawah Truk Selundupkan Barang

Kemiskinan mendorong anak Afghanistan selundupkan barang ke Pakistan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Anak Afghanistan Sembunyi di Bawah Truk Selundupkan Barang. Seorang anak Afghanistan bersembunyi di bawah truk untuk menyelundupkan barang ke Pakistan, Rabu (15/9).
Foto:

Program Pangan Dunia PBB (WFP) melaporkan kekeringan, konflik, dan kekurangan pangan telah menyebabkan lebih dari 14 juta orang menderita kelaparan. Banyak lembaga internasional memutus akses Afghanistan ke dana internasional sejak Taliban menguasai negara itu pada 15 Maret lalu.

Farid dan sepupunya dapat menghasilkan 1.000 rupee Pakistan atau sekitar lima dolar Amerika untuk setiap karung barang yang mereka kirimkan. Ini adalah pasar yang menguntungkan untuk anak berusia 11 tahun.

Anak-anak mengaku tidak tahu siapa yang memberikan karung tersebut. Yang jelas sosok itu adalah pria anonim. “Seseorang memberikannya kepada saya dan kemudian pergi,” ujar salah seorang sepupu Farid.

Truk lain datang bergemuruh dan anak-anak lari dengan harapan mendapatkan tumpangan gratis lebih jauh ke Torkham. Mereka menunggu truk cukup lambat sehingga mereka bisa menyelipkan diri di antara ban dan kemudian menghilang seiring berjalannya truk besar itu.

Patroli perbatasan Taliban yang baru ditempatkan tampaknya tidak terganggu oleh penumpang gelap. Sayangnya, penjaga perbatasan Pakistan mencoba mengusir anak-anak keluar begitu truk berhenti. Para prajurit memanjat di bawah truk dengan tongkat dan melontarkan teriakan mengancam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement