Selasa 14 Sep 2021 20:58 WIB

Baznas Buka Pendaftaran Beasiswa Cendekia Ma'had Aly

Beasiswa diperuntukkan bagi kalangan keluarga tidak mampu.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran program Beasiswa Cendekia Ma
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran program Beasiswa Cendekia Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran program Beasiswa Cendekia Ma'had 'Aly dan Beasiswa Santri 2021 yang diperuntukkan bagi kalangan keluarga tidak mampu. 

Beasiswa ini menjadi upaya Baznas dalam meningkatkan kualitas pesantren. Sementara Beasiswa Cendekia Ma'had 'Aly merupakan program bagi mahasiswa semester 5 berupa uang SPP/UKT dan pembinaan kepada 52 Ma'had 'Aly sesuai Keputusan Menteri Agama No. 598/2020 tentang Hasil Penilaian dan Evaluasi Ma'had Aly. 

Pembukaan program Beasiswa Cendekia Ma'had Aly dan Beasiswa Santri 2021 secara resmi dibuka oleh Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan, MA, dan Direktur pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Dr H Waryono M. Ag, serta dihadiri Kepala LBB Sri Nurhidayah secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Baznas TV, Selasa (14/9). 

"Beasiswa Cendekia Ma'had Aly dan Beasiswa Santri 2021 ini merupakan salah satu upaya Baznas untuk menyejahterakan umat, salah satunya melalui pendidikan," ujar Pimpinan Baznas yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, M.A.

photo
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran program Beasiswa Cendekia Mahad Aly dan Beasiswa Santri 2021 yang diperuntukkan bagi kalangan keluarga tidak mampu. - (Baznas)

 

Saidah mengatakan, melalui program beasiswa ini Baznas memperkuat komitmen membantu mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 salah satunya membantu meningkatkan pendidikan anak Indonesia. 

"Program ini memberikan dukungan kepada mereka yang sedang menapaki jalan sunyi untuk fokus meningkatkan keilmuan keagamaan, yaitu pesantren dan Ma'had Aly. Setelah sebelumnya kita membuka Beasiswa Cendekia Baznas bekerja sama dengan 101 kampus mitra beasiswa di seluruh Indonesia," jelas Saidah. 

Dalam penyaluran beasiswa ini, menurut Saidah, Baznas tetap mengedepankan tiga aman; aman regulasi, aman syar'i dan aman NKRI. Serta memastikan tatakelola yang sesuai dengan syariah dan tepat sasaran. 

"Semoga program Beasiswa Cendekia Ma'had Aly dan Beasiswa Santri ini mendapat maslahat dan manfaat, membawa dampak yang baik bagi teman-teman di ma'had 'aly dan pesantren guna meneruskan sanad keilmuan," ujar Saidah. 

Beasiswa Santri ini ditujukan untuk 1.000 santri, sedangkan untuk Ma'had Aly, dari 52 Ma'had Aly setiap satu Ma'had Aly 5 orang yang mendapatkan beasiswa. 

Direktur pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Dr. H. Waryono M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah memberikan perhatian serius kepada santri dan Ma'had Aly melalui pemberian beasiswa ini. Terutama para santri Ma'had Aly yang merupakan tempat pengkaderan ulama. 

"Semoga para santri dan mahasantri yang mendapat beasiswa ini lebih tenang dalam belajar, lulus tepat waktu dan mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yag lebih tinggi. Kami juga siap untuk bekerja sama menjadi bagian pendorong untuk mengkader anak-anak bangsa," ujar Waryono. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement