Selasa 14 Sep 2021 07:05 WIB

Baznas Buka Pendaftaran Beasiswa Universitas Al-Azhar 

Kuotanya sebanyak 60 orang.

Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo  peserta program Beasiswa Cendekia Baznas Luar Negeri tampil di salah satu acara.
Foto: Dok Baznas
Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo peserta program Beasiswa Cendekia Baznas Luar Negeri tampil di salah satu acara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas Luar Negeri di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir angkatan ke-2 tahun 2021. 

“Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos di Universitas Al-Azhar berdasarkan pengumuman Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI,” kata Kepala Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) Sri Nurhidayah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (13/9).

Ia menjelaskan, Beasiswa Cendekia Baznas Al-Azhar, Kairo merupakan program beasiswa  bagi para lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pembukaan beasiswa Cendekia Baznas  Al-Azhar Mesir tahun ini merupakan beasiswa angkatan kedua.  “Angkatan pertama dibuka tahun 2019 lalu, sedangkan 2020 dikarenakan pandemi  dan dari Kemenag tidak membuka pendaftaran maka Lembaga Beasiswa Baznas juga tidak mengadakan seleksi pembukaan beasiswa,” ujarnya.

Beasiswa Baznas yang diberikan tahun ini lebih banyak kuoatanya dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  “Jika pada  tahun 2019 ada 40 peserta beasiswa, maka pada tahun ini akan diterima sebanyakk 60 peserta dengan bantuan hingga lulus atau maksimal 5 tahun masa studi,” tuturnya.

Nurhidayah memaparkan persyaratan untuk memperoleh Beasiswa Cendekia Baznas Al-Azhar angkatan 2 tahun 2021 sebagai berikut: merupakan calon mahasiswa baru non beasiswa S-1 Universitas Al Azhar yang telah dinyatakan lulus berdasarkan peserta yang telah lulus sesuai Pengumuman Pendis Kemenag B-1400/Dt.I.III/PP.0  tanggal 11 Mei 2021;  mengisi formulir pendaftaran online di https://bit.ly/daftar-bcbalazhar2021; melampirkan pas foto, KK, KTP, SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), Ijazah SMA Sederajat, Melampirkan Surat Persetujuan Orang Tua dan Melampirkan Surat rekomendasi; dan  membuat esai dengan judul "Kuliah di Al-Azhar dan Rencana Pasca Lulus".

Adapun beasiswa yang diberikan adalah program pendampingan dan pembinaan;  subsidi bantuan tiket pesawat senilai Rp 4.200.000,00/peserta; dan uang saku Rp 700.000,00/bulan/peserta selama masa pendidikan bagi yang berprestasi (evaluasi dilakukan setiap semester).

Jadwal Seleksi sebagai berikut: pendaftaran daring (on line) tanggal  6 - 17 September 2021; seleksi berkas tanggal  17 – 22 September 2021; pengumuman lolos seleksi berkas: tanggal 23 September 2021; wawancara tanggal 27 -30 September 2021; dan  pengumuman 60  peserta beasiswa tanggal 15 Oktober 2021.

“Formulir pendaftaran, dokumen terkait dan booklet beasiswa dapat diunduh pada https://bit.ly/formulir-bcbalazhar2021, sedangkan  mendaftar di https://bit.ly/daftar-bcbalazhar2021,” ungkap Sri Nurhidayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement