Sabtu 11 Sep 2021 06:17 WIB

3 Golongan yang Malaikat Enggan Mendekati Mereka

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang sangat istimewa. Minuman keras (ilustrasi)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang sangat istimewa. Minuman keras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang suci. Doa mereka dikabulkan Allah SWT. Hal ini juga karena mereka diciptakan hanya fokus  untuk ibadah dan tak melakukan maksiat. 

Salah satu bentuk nikmat yang tak terhingga jika kita didekati malaikat den mendapatkan dukungan doa dari mereka. Namun, ternyata ada beberapa golongan yang malaikat enggan mendekati mereka? Siapa saja? 

Baca Juga

Dinukilkan dari kitab at-Targhib wa at-Tarhib kararangan Imam Al-Mudziri terdapat hadits  Rasulullah ﷺ yang menyebutkan demikian:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ثَلَاثَةٌ لَا تَقْرَبُهُمُ الْمَلَائِكَةُ الْجُنُبُ وَالسَّكْرَانُ وَالْمُتَضَمِخُ بِالْخَلُوْقِ

 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Ada tiga orang yang tidak mau malaikat rahmat mendekati mereka. Yaitu orang-orang yang junub (tidak segera mandi besar), dan orang yang mabuk, dan orang yang berlumuran dengan minyak zakfaron.”

Ketika sedang mempunyai hadas besar baik itu sebab keluarnya air mani, atau berhubungan intim suami istri maka segeralah mandi. Jangan sampai menunda-nundanya apalagi sampai kehabisan waktu sholat. Sebab selama orang tersebut dalam keadaan junub maka malaikat rahmat enggan untuk mendekatinya.   

Minyak zakfaron ini sering digunakan para dukun saat melakukan ritualnya. Maka bagi orang yang memenuhi tubuhnya dengan minyak tersebut malaikat rahmat enggan untuk mendekatinya. Apalagi orang yang dalam keadaan mabuk. Maka segeralah menghilangkan najis dari minuman keras tersebut dan segeralah bertaubat memohon ampunan Allah SWT.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement