Kamis 09 Sep 2021 08:21 WIB

ASYKI-Baitul Wakaf Luncurkan Asuransi Ikhtiar Wakaf 

Perlu kolaborasi dan sinergi pengelolaan wakaf produktif.

Direktur Utama PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI),  Mudzakir (tengah) dan Direktur Baitul Wakaf,  Rama Wijaya (kanan) seusai penandatanganan  program Asuransi Ikhtiar Wakaf di Bogor, Rabu (1/9).
Foto: Dok Baitul Wakaf
Direktur Utama PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI), Mudzakir (tengah) dan Direktur Baitul Wakaf, Rama Wijaya (kanan) seusai penandatanganan program Asuransi Ikhtiar Wakaf di Bogor, Rabu (1/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR  -- Untuk pertamakalinya Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI) melakukan kerja  sama untuk meningkatkan literasi dan penghimpunan wakaf melalui program Asuransi Ikhtiar Wakaf. ASYKI menggandeng nazhir wakaf produktif dari Hidayatullah yaitu Baitul Wakaf. Kerja sama diteken di kantor Pusat Asyki, Bogor, Jawa Barat, Rabu  ( 1/9).

Nota kesepahaman (MoU) ini ditandatangani oleh Mudzakir selaku direktur utama PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia dan Rama Wijaya selaku direktur Baitul Wakaf.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan literasi wakaf akan terus meningkat dan kemudahan menunaikan wakaf semakin banyak pilihan yang tersedia. Dengan begitu pertumbuhan wakaf akan terus naik kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi  dan manfaat yang dirasakan masyarakat semakin luas. 

“Sejak awal kami memiliki kepedulian dan perhatian untuk membangun kemandirian dan mengembangkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui asuransi syariah. Kami juga memiliki konsep dan filosofi ta’awun di mana konsep ta’awun dalam Alquran telah dijelaskan. Dengan menggandeng Baitul Wakaf selain sebagai dukungan kepada kiprahnya  yang sudah sangat luas karena menjadi bagian dari Hidayatullah juga akan memberikan pilihan kepada nasabah untuk menyalurkan dana wakaf dari nasabah dan dukungan untuk mengoptimalkan dana wakaf,” ujar Mudzakir seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (6/9).

Hal yang sama juga disampaikan Rama pada saat MoU dilakukan. “Kami bersyukur dengan terus bertambahnya mitra dalam memberikan sosialisasi, kemudahan dan layanan untuk menunaikan wakaf. Dengan sinergi ini semoga capaian wakaf bisa mengalami peningkatan yang signifikan karena untuk mengejar keutamaan bisa menunaikan wakaf saat ini bisa dengan mudah dilakukan tidak harus berupa aset dalam jumlah besar,” ujarnya. 

Rama menambahkan,  dana wakaf yang terhimpun melalui kerja   sama ini akan dialokasikan untuk mendukung sejumlah program wakaf produktif yang telah berjalan, mulai sektor peternakan, pertanian, retail dan wakaf sawah produktif. 

“Perlu kolaborasi dan sinergi agar manfaat pengelolaan wakaf produktif semakin besar dirasakan manfaatnya.  Berbeda dengan wakaf langsung seperti halnya masjid dan sumur setelah jadi bisa saat itu juga dirasakan,”  tuturnya

Mudzakir  menuturkan, Asuransi Ikhtiar Wakaf adalah produk asuransi jiwa individu syariah yang dirancang untuk memberikan manfaat wakaf selama peserta masih hidup dan peserta juga tetap bisa berwakaf walaupun peserta mengalami musibah meninggal 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement