Selasa 13 Sep 2022 09:10 WIB

Sumur Wakaf Produktif Tingkatkan Pola Hidup Sehat Santri di Teluk Bintuni, Papua

Sebelumnya santri terpaksa mengandalkan air rawa yang keruh.

Baitul Wakaf menyerahkan   Sumur Wakaf Produktif kepada  sebuah  pesantren di Teluk Bintuni, Papua Barat, Ahad (4/9/2022).
Foto: Dok Baitul Wakaf
Baitul Wakaf menyerahkan Sumur Wakaf Produktif kepada sebuah pesantren di Teluk Bintuni, Papua Barat, Ahad (4/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TELUK BINTUNI -- Berawal dari informasi yang diterima tim Baitul Wakaf, salah satu pesantren di  Teluk Bintuni, Papua Barat secara rutin masih mengandalkan air rawa yang keruh dengan warna cokelat dan berminyak sebagai sumber kebutuhan konsumsi dan bersuci yang telah berlangsung selama bertahun tahun. 

Setelah melakukan asesmen awal sebagai tinjauan kelayakan dan mengirimkan tim Geolistrik, Baitul Wakaf menetapkan untukmewujudkan Sumur Wakaf Produktif sebagai upaya memberikan solusi alternatif untuk menyudahi krisis air yang terjadi di pesantren. 

“Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, air yang keruh dan berminyak ini terpaksa kami gunakan. Namun untuk mengurangi kotornya kami gunakan saringan dari pasir dan karung. Sesekali kalau hujan turun, kami juga menampungnya untuk bisa digunakan,” ujar Ustad Miftah selaku pengurus pesantren, dalam rilis yang diteirma Republika.co.id, Senin  (12/9/2022). 

Pengerjaan Wakaf Sumur Produktif ini berlangsung satu pekan dan berhasil mendapatkan air yang jernih dengan kedalaman 75 meter. Meski, kondisi sekitar pesantren berdekatan dengan hutan bakau dan rawa-rawa namun pengerjaan bisa berjalan dengan baik. Sumur wakaf ini praktis telah digunakan mulai  Ahad, 4 September 2022. 

Kini santri dan pesantren sudah memiliki akses air bersih yang lebih layak sebagai upaya untuk menunjang kenyamanan dalam belajar para santri. “Alhamdulillah, pengerjaan sumur ini berjalan lancar, manfaat sumur ini bukan saja membuat ibadah kami menjadi tenang, proses belajar juga berjalan lebih baik tapi juga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat bagi pesantren,” tutur Miftah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement