Senin 30 Aug 2021 18:07 WIB

Macron Kunjungi Masjid dan Gereja di Reruntuhan Mosul

Mosul mengalami kehancuran luas selama perang mengalahkan ISIS pada 2017.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Macron Kunjungi Masjid dan Gereja di Reruntuhan Mosul. Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Foto:

Dia juga meminta Macron membantu dalam rekonstruksi bandara Mosul. Macron meninggalkan gereja pada sore hari dan menuju ke masjid Al-Nuri yang terkenal di Mosul, yang diledakkan dalam pertempuran dengan militan ISIS pada 2017 dan sedang dibangun kembali.

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Al-Nuri dan menara miringnya yang ikonik dibangun pada abad ke-12. Dari mimbar masjid khalifah gadungan ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi mendeklarasikan pendirian kekhalifahan pada 2014.

Mosul, kota terbesar kedua di Irak, menjadi tulang punggung birokrasi dan keuangan Daesh. Butuh pertempuran sembilan bulan yang ganas untuk akhirnya membebaskan kota itu pada Juli 2017.

Menurut penyelidikan Associated Press pada saat itu, antara 9.000 dan 11 ribu warga sipil tewas dan perang meninggalkan kehancuran yang meluas. Banyak warga Irak harus membangun sendiri kembali di tengah krisis keuangan selama bertahun-tahun.

Sejak tahun-tahun awal Kekristenan, Irak utara telah menjadi rumah bagi komunitas Kristen yang besar. Namun, selama beberapa dekade terakhir, puluhan ribu meninggalkan Irak dan menetap di tempat lain di tengah perang negara dan ketidakstabilan yang memuncak dengan penganiayaan orang Kristen oleh ekstremis selama dekade terakhir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement