Senin 30 Aug 2021 12:04 WIB

KB-TK Bosowa Bina Insani Gelar Pekan Muharram 1443 H

Rangkaian acaranya adalah pemberian santunan, tausiyah dan dongeng.

Dalam rangkaian acara Pekan Muharram 1443 H, KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor menyalurkan santunan untuk anak yatim dan dhuafa binaan DT Peduli di Baitul Quran Desa Cinangka, Ciampea, Bogor, Rabu (25/8).
Foto: Dok Bosowa School
Dalam rangkaian acara Pekan Muharram 1443 H, KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor menyalurkan santunan untuk anak yatim dan dhuafa binaan DT Peduli di Baitul Quran Desa Cinangka, Ciampea, Bogor, Rabu (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor menggelar acara Pekan Muharram Indahnya Berbagi.  Acara itu diisi dengan pemberian santunan untuk anak yatim dan dhuafa.

Pemberian santunan untuk yatim dan dhuafa tersebut  dilaksanakan secara offline dan online. Kali ini KB-TK Bina Insani bekerja sama dengan DT Peduli yang menampung para yatim penghafal Alquran di Baitul Quran, Kampung Cikalancing,  Desa Cinangka, Ciampea, Bogor  dan YTBI Yayasan Tarbiyah Bina Indonesia di Vila Mutiara Bogor.

Pekan Muharram 1443 H ini  terlaksana atas dukungan dan donasi para orangtua/wali peserta didik yang bermurah hati memberikan sebagian rezekinya untuk para yatim/piatu di bulan Muharram tahun ini.  Jumlah total santunan sebesar Rp 15,95 juta. 

Sumbangan tersebut langsung didistribusikan oleh Kepala TK Bina Insani Femi Balti beserta tim. “Jumlah anak yatim yang disantuni adalah 13 yatim penghafal Quran dan 67 yatim piatu,” kata Femi Balti dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (30/8).

Ia menambahkan, waktu pendistribusian dibagi menjadi dua hari, yakni tanggal 25 dan 26 Agustus 2021. "Selain uang tunai, ada bingkisan yang juga turut diberikan yaitu paket mukena dan sajadah, nasi kotak, makanan ringan untuk anak dan Kitab suci Alquran,” tuturnya.

photo
KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor menyalurkan santunan untuk anak yatim dan dhuafa di Yayasan Tarbiyah Bina Indonesia (YTBI), Vila Mutiara Bogor, Kamis (26/8). (Foto: Dok Bosowa School)

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh yatim penghafal Alquran dari Baitul Quran, diikuti dengan pembacaan Asmaul Husna dan nama-nama surat dalam Alquran. Kemudianada juga  santri yang bertausiah  dan ber Nasyid. Setelah itu sambutan oleh kepala KB-TK Bina Insani dan perwakilan dari pendamping para yatim/piatu.

“Kegiatan ini adalah salah satu program unggulan di KB-TK Bina Insani, di mana setiap tahunnya kegiatan menyantuni anak yatim ini selalu kita laksanakan. Karena dengan menyantuni anak yatim, insya Allah kita akan dekat dengan Rasulullah Muhammad SAW  di surganya Allah,” ujar Femi.

Femi mengucakpan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan sebagian rezekinya. “Semoga Allah memberikan kesehatan, rezeki yang melimpah dan menjadikan anak-anak KB-TK Bina Insani menjadi anak yg soleh  dan solehahtuturnya . 

Puncak acara dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021 secara virtual. Acara itu  dihadiri oleh  Femi Balti, Ustadz Asep Sumarsana (manager Islamic Studies Sekolah Bosowa Bina Insani), Abdullah (DT Peduli),  Suhara (YTBI Vila Mutiara),  guru dan staf KB-TK Bosowa Bina Insani, Dr Hesti Bahagiawati (ketua PABBI KB-TK Bosowa Bina Insani),  para peserta didik di rumah,  serta dimeriahkan oleh Ka Iki, pendongeng dari   Kota Bogor.

Acara dimulai pada pukul 08.00.   Sebagai MC  adalah  penanggung jawab (PIC)  kegiatan Pekan Muharam,  Rina Marlina. Selepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan  pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh ananda Kirana dari  Kelompok B-3. 

Pada kesempatan tersebut, Ustadz  Asep Sumarsana selaku manajer Islamic Studies mengutarakan tujuh   keutamaan bersedekah kepada anak yatim di bulan Muharram. Semenara itu Kak Iki Yosan,  pendongeng dari kota Bogor yang sudah tidak asing lagi untuk anak-anak khususnya di kota Bogor,  menceritakan tentang anak kecil yang suka bersedekah dan tetap bersemangat walaupun belajarnya dari rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement