Ahad 29 Aug 2021 03:46 WIB

Alquran Ingatkan Manusia untuk Bertakwa

Alquran telah mengingatkan manusia untuk bertakwa kepada Allah SWT

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: alarabiya.net
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran telah mengingatkan manusia untuk bertakwa kepada Allah SWT sekaligus mawas diri memperhitungkan hal yang akan dilakukan dan telah dilakukannya. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surah Al-Hasyr Ayat 18.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

Baca Juga

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Hasyr: 18).

Tafsir Kementerian Agama menerangkan ayat ini. Dalam ayat ini dijelaskan kepada orang-orang yang beriman diperintahkan agar bertakwa kepada Allah, dengan melaksanakan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Melaksanakan perintah Allah ialah memurnikan ketaatan dan menundukkan diri hanya kepada-Nya, tidak ada sedikit pun unsur syirik di dalamnya, melaksanakan ibadah-ibadah yang diwajibkan, dan mengadakan hubungan baik sesama manusia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement