Sabtu 21 Aug 2021 09:45 WIB

Kelompok Islam Sudan Ucapkan Selamat untuk Taliban

Taliban mendapat dukungan dari kelompok Islam Sudan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Kelompok Islam Sudan Ucapkan Selamat untuk Taliban. Foto:    Asap mengepul setelah pertempuran antara Taliban dan personel keamanan Afghanistan di kota Kandahar, barat daya Kabul, Afghanistan, Kamis, 12 Agustus 2021.
Foto: AP/Sidiqullah Khan
Kelompok Islam Sudan Ucapkan Selamat untuk Taliban. Foto: Asap mengepul setelah pertempuran antara Taliban dan personel keamanan Afghanistan di kota Kandahar, barat daya Kabul, Afghanistan, Kamis, 12 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,KHARTUM—Kelompok Islam Sudan pimpinan Hassan al-Turabi mengucapkan selamat pada Taliban atas pengambilalihan Afghanistan. Kelompok sayap kanan Ikhwanul Muslimin di sudan itu menjadi kelompok pertama di Sudan yang menyatakan dukungan terbuka untuk Taliban.

Ucapan selamat dan dukungan tersebut sempat diunggah di Facebook, mengatakan pengambilalihan tersebut merupakan kemenangan bagi rakyat Afghanistan yang mencari kebebasan dan merupakan kekalahan bagi mereka yang melawan kekuatan rakyat. 

Baca Juga

“Pengambilalihan itu dicapai setelah konflik panjang yang menunjukkan kepada dunia bahwa rakyat Afghanistan tidak akan dikalahkan oleh materi atau kekuatan manusia tidak peduli seberapa kuatnya itu,” lanjut posting tersebut yang dikutip di Asharq Al-Awsat, Sabtu (21/8).

“Ini menggambarkan pengambilalihan Taliban sebagai "kemenangan bersejarah,” tulisnya.

Namun itu dihapus oleh Facebook, setelah mengumumkan larangan untuk memposting dukungan untuk Taliban. 

Perang antara pasukan Taliban dan Afghanistan meningkat ketika pasukan asing mengumumkan penarikan mereka dari negara itu pada 11 September. Taliban membuat kemajuan militer yang cepat dalam beberapa pekan terakhir dan menguasai ibu kota pada Minggu sementara pasukan pemerintah melarikan diri atau menyerah.

Taliban pada Ahad (15/8) merebut ibu kota Kabul, dan Presiden Ashraf Ghani serta pejabat penting lainnya melarikan diri dari negara itu. Amerika Serikat (AS) sedang berupaya mengevakuasi warganya dan warga Afghanistan sekaligus mengendalikan Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul. AS diperkirakan akan menyelesaikan penarikannya pada 31 Agustus, meski Presiden Joe Biden membiarkan pintu terbuka di luar tanggal tersebut jika evakuasi belum selesai.

Sumber

https://english.aawsat.com/home/article/3142041/muslim-brotherhood-sudan-congratulates-taliban-afghanistan-takeover

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement