Senin 16 Aug 2021 07:59 WIB

8 Kabar Gembira untuk Orang yang Beriman dan Bertakwa 

Allah SWT memberikan kabar gembira bagi para mukmin dan muttaqin

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan kabar gembira bagi para mukmin dan muttaqin. Ilustrasi
Foto:

Kelima, mimpi yang baik. Makna “berita gembira” dalam ayat tersebut adalah mimpi baik yang dialami oleh seorang Muslim. Dalam salah satu hadits, makna ayat di atas dijelaskan,

هِيَ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ، يَرَاهَا الْمُسْلِمُ، أَوْ تُرَى لَهُ “Yang dimaksud kegembiraan dalam ayat di atas adalah mimpi yang baik yang terlihat oleh orang Muslim atau yang diperlihatkan padanya” (HR Ibnu Majah).

Keenam, teguh saat ditanya di kubur. Allah meneguhkan hamba ketika dia ditanya di kuburnya. Maka, dia pun bisa menjawabnya dengan baik, seperti Tuhanku adalah Alah, agamaku adalah Islam, dan nabiku adalah Muhammad. Maka, ini juga merupakan kabar baik yang dimaksud dalam surat Yunus tersebut.

Ketujuh, diterima malaikat dan selamat di Hari Kebangkitan. Hal ini seperti yang difirmankan Allah SWT:

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

"Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (QS Fussilat  30)

Delapan, mendapat ucapan selamat dan salam dari malaikat. Di surga, para malaikat yang beriman menerima kabar baik, ucapan selamat dan salam. Hal ini sebagaimana Allah SWT berfirman: 

وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ * سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ  “Dan para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. (sambil mengucapkan), ‘Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu’. Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.” (QS Ar Rad 23-24).

 

Sumber: alukah 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement