Rabu 21 Jul 2021 13:39 WIB

Selalu Ada Celah Bersyukur, Termasuk Kematian Kita?   

Allah SWT menekankan kepada hamba-Nya pentingnya bersyukur

Allah SWT menekankan kepada hamba-Nya pentingnya bersyukur. Ilustrasi syukur
Foto:

Yang lebih penting lagi adalah untung masih diberikan kesempatan untuk hidup. Sehingga masih ada kesempatan untuk bertaubat dari berbagai dosa dan kesalahan serta memperbanyak bekal menghadapi hari yang pasti terjadi. 

Kalau begitu apakah kematian tidak memiliki celah untuk disyukuri? Tetap ada. Karena kematian itu tetap lebih baik bagi siapapun. Abdullah bin Masud ra bahkan bersumpah untuk hal ini:   

وَاللهِ الَّذِي لَا إِلَهَ غَيْرُهُ، مَا مِنْ نَفْسٍ حَيَّةٍ إِلَّا الْمَوْتُ خَيْرٌ لَهَا رواه الطبراني “Demi Allah yang tidak ada Tuhan selain-Nya, tidak ada jiwa yang hidup melainkan kematian jauh lebih baik baginya.” (HR Ath Thabrani) Mengapa demikian? Abdullah bin Masud RA melanjutkan:

إِنْ كَانَ بِرًّا إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ: {وَمَا عِنْدَ اللهِ خَيْرٌ لِلْأَبْرَارِ} وَإِنْ كَانَ فَاجِرًا إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ: وَلَا يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّمَا نُمْلِي لَهُمْ خَيْرٌ لِأَنْفُسِهِمْ إِنَّمَا نُمْلِي لَهُمْ لِيَزْدَادُوا إِثْمًا 

“Jika ia seorang yang baik, Allah Swt berfirman, “Apa yang di sisi Allah jauh lebih baik bagi orang-orang yang baik (al-abrar). Dan jika ia seorang yang jahat, Allah SWT berfirman:

“Orang-orang kafir jangan mengira bahwa tenggang waktu yang Kami berikan itu baik untuk mereka. Sesungguhnya tenggang waktu yang Kami berikan pada mereka hanyalah agar dosa mereka semakin bertambah.”

Apalagi untuk seorang mukmin, di masa yang penuh dengan fitnah ini, tentu kematian sesuatu yang ditunggu-tunggunya. Rasulullah SAW  bersabda: 

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَمُرَّ الرَّجُلُ بِقَبْرِ الرَّجُلِ فَيَقُولُ: يَا لَيْتَنِي مَكَانَهُ رواه البخاري “Tidak akan terjadi kiamat sampai ada orang lewat di depan kubur orang lain lalu ia berkata, “Andaikan saja aku yang ada di posisinya.” (HR Bukhari). Semoga Allah SWT selalu menjaga keimanan dan kesehatan kita, Amiin.

 

اللهم إنا نسألك العفو والعافية ، آمين

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement