Ahad 18 Jul 2021 23:26 WIB

Tujuh Sikap Ormas Islam dan Wapres Soal Ibadah Idul Adha

Pertemuan Wapres dan Ormas Islam hasilkan tujuh penegasan sikap bersama.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pertemuan virtual dengan para ulama dan tokoh agama Islam Indonesia, Senin (12/7).
Foto:

Keempat, lanjut dia, pelaksanaan ibadah Idul Adha harus tetap mempertimbangkan kondisi di kawasan masing-masing dan berkoordinasi dengan satgas covid-19. Mengingat kondisi saat ini, khususnya di Jawa, Bali dan daerah lain yang termasuk PPKM darurat, pelaksanaan ibadah dan syi’ar Idul Adha, seperti shalat ied dan takbir, harus diselenggarakan di rumah masing-masing.

”Sedang pemotongan dan pembagian hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol Kesehatan. Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan dan atau tempat lain yang aman, serta pembagian daging dilakukan dengan di antar ke rumah penerimanya,” katanya.

Kelima, fungsi masjid sebagai tempat ibadah mahdhah, pusat syiar kegamaan seperti lantunan adzan, dan ayat suci Alqur’an, serta sebagai tempat konsolidasi sosial, bisa tetap dapat dijalankan di masa pandemi sepanjang tidak bertentangan dengan protokol kesehatan, yang pelaksanannya dikoordinasikan dengan pihak berwenang setempat.

”Masjid agar diperankan dalam penggalangan bantuan sosial untuk menolong korban Covid-19, tempat mengumumkan informasi penting terkait Covid-19, serta tempat sosialisasi dan literasi informasi terkini terkait Pandemi,” jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement