Jumat 16 Jul 2021 19:41 WIB

Abrar Shaker, Perempuan Pertama Pimpin Klub Sepak Bola Saudi

Beberapa perempuan Saudi lainnya mulai menempati posisi penting.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Abrar Shaker, Perempuan Pertama Pimpin Klub Sepak Bola Saudi
Foto: Eurosport
Abrar Shaker, Perempuan Pertama Pimpin Klub Sepak Bola Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Wanita Arab Saudi bernama Abrar Shaker ditunjuk sebagai Ketua Klub Sepak Bola FLIG. Ia menjadi wanita pertama Arab Saudi yang memimpin klub sepak bola.

Dalam pertemuan Komite Konstituante ia mengatakan telah banyak rekomendasi yang disetujui. "Insya Allah, kita akan mulai melihat hasil yang lebih baik dalam waktu dekat. Ini melayani orang-orang Hafr Al Batin, melayani sepak bola Saudi dan melayani baik wanita maupun pria,” ujar Shaker pada pertemuan pertama klub, dilansir di Al Arabiya, Jumat (16/7).

Baca Juga

Sebagai bagian dari upaya memperluas jumlah pertandingan di masa depan, klub sepak bola yang berbasis di provinsi Hafar Al Batin di Saudi timur ini memasukkan tim untuk pria dan wanita. Selain Shaker, beberapa wanita Saudi lainnya mulai menempati posisi penting.

Pada Selasa, tentara wanita Abeer al-Rashed melakukan pengarahan pasukan keamanan yang dipimpin wanita pertama di negara itu untuk haji. Al-Rashed menyusun strategi keamanan dan manajemen lalu lintas untuk musim haji mendatang yang akan berlangsung dari 17 hingga 22 Juli.

Kapasitasnya terbatas 60 ribu orang dalam upaya untuk menahan penyebaran Covid-19. Peran Al-Rashed disambut dengan banyak komentar positif di media sosial dari pengguna di Arab Saudi dan di seluruh wilayah.

Kementerian pertahanan membuka rekrutmen militer untuk wanita awal tahun ini memungkinkan mereka mendaftar di Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Banyak petugas polisi wanita juga terlihat mengawasi jamaah umrah selama bulan suci Ramadhan di Makkah. Hal ini menyoroti kemajuan yang telah dibuat wanita di Kerajaan di banyak bidang dalam program Visi 2030. 

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/07/14/First-woman-appointed-to-lead-Saudi-football-club-amid-increased-roles-for-women

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement