Selasa 13 Jul 2021 05:59 WIB

Pengakuan Sarjana Barat Atas Kebaikan-Kebaikan Umat Islam

Para sarjana Barat non-Muslim mengakui keluhuran akhlak umat Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Para sarjana Barat non-Muslim mengakui keluhuran akhlak umat Islam. Ilustrasi Sedekah
Foto:

Ketiga, memperlakukan dengan baik tawanan perang

Orientalis terkenal Inggris "Thomas Arnold" mencatat banyak berita masuk Islam dari kalangan tentara Salib yang awalnya datang ke Timur untuk berperang melawan kaum Muslimin. Dia baik dan simpatik kepada mereka kecuali di kubu kaum Muslimin, dan banyak dari mereka yang masuk Islam, dan ini dicatat oleh semua orang Barat yang pergi ke Timur pada waktu itu, sampai tidak ada solusi untuk fenomena ini kecuali mengirim Santo Amore de Laroche, yang adalah kepala kesatria Templar, ke Eropa (664 AH = 1266 M).

Dia memohon kepada Paus dan wakil-wakilnya di Prancis dan Sisilia untuk mencegah orang miskin, tua, dan mereka yang tidak mampu mengangkat senjata dari menyeberangi laut ke Palestina, karena orang-orang seperti itu menjadi sasaran pembunuhan atau tawanan atau digoda oleh orang-orang Arab dari agama mereka.

Bahkan mereka yang tidak masuk Islam di antara mereka lebih suka tinggal Di negara-negara Muslim dan di bawah naungan dan perawatan mereka, mereka theyMereka benar-benar puas dengan tuan baru mereka.

Orientalis Jerman, Sigrid Hunke mencatat sebuah dokumen penting yang ditulis oleh seorang tahanan tentara salib kepada Raja "Al-Kamil Al-Ayyubi" setelah perlakuan murah hati terhadap para tahanan setelah mereka melakukan kejahatan di Damietta. Biasanya mata ganti mata dan gigi ganti gigi, tetapi dia memberi mereka makan selama empat hari yang panjang, mengirim 30 puluh ribu roti dan bahan makanan lainnya ke tentara mereka yang kelaparan setiap hari.

Salah satu dari tawanan yang juga  teolog Oliveros dari Cologne, Sungai Rhine, Jerman bersaksi untuk akhlak umat Islam. Dalam memperlakukan tawanan musuh bebuyutan, Muslim bukanlah seorang tiran  atau tuan yang licik. 

"Melainkan kami mengenal Anda sebagai tuan yang penyayang, yang menyertakan kami dengan kebaikan dan penolong serta penyelamat dalam semua bencana dan bencana. Memiliki belas kasihan kepada setiap orang baik laki-laki dan perempuan juga anak-anak disaat kami memperlakukan mereka dengan siksaan dan membunuhnya,"tulis dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement