Ahad 11 Jul 2021 00:28 WIB

RS: KH Djazuli Meninggal di Ruang Transit Intensif

Kondisi pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, KH Djazuli, tak stabil saat di RS.

 KH Zainuddin Djazuli meninggal dunia di RSUD dr. Iskak, Tulungagung, Jawa Timur pada Rabu (7/7) sore.
Foto:

Jenazah almarhum kemudian diperlakukan dengan standar perlakuan jenazah pasien Covid-19. Jenazah kemudian dibawa ke Ponpes Al Falah untuk selanjutnya dikebumikan di makam keluarga di area pesantren, tepatnya di samping Masjid PP Al Falah.

Di lokasi tersebut juga ada makam KH Djazuli Utsman dan ibu Nyai Hj Rodliyah Djazuli. Wafatnya Gus Dien juga menjadi duka mendalam bagi keluarga, santri, hingga alumni.

M Irfan Ilmie, salah satu alumni santri PP Al Falah, Ploso, Kabupaten Kediri mengaku sangat kehilangan. Walaupun kini bekerja di luar negeri, ia tetap mempunyai hubungan yang baik dengan pesantren.

"Beliau salah satu ulama yang mampu memodernisasi pondok pesantren salaf di Jawa," kata Irfan.

Gus Dien adalah putra pertama pendiri PP Al Falah, Ploso, KH Djazuli Utsman. Gus Dien adalah kakak kandung ulama nyentrik KH Hamim Djazuli atau yang akrab disapa Gus Miek. Setahun sebelumnya, adik beliau, KH Fuad Mun'im Djazuli juga wafat.

PP Al Falah, Ploso, merupakan pondok pesantren salaf termuda di Jawa karena baru dua generasi. Kini, tinggal dua adik beliau yang mengasuh PP Al Falah, yakni KH Nurul Huda Djazuli dan Ibu Nyai Hj Badriyah Djazuli. Tiga adik beliau, yakni KH Fuad, KH Munif Djazuli, dan Gus Miek telah lebih dulu wafat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement