Sabtu 03 Jul 2021 18:07 WIB

Muhammad Asad Jembatani Hubungan Pakistan dan Ukraina

Muhammad Asad dilahirkan di Ukraina namun berjasa untuk Pakistan.

Muhammad Asad saat bersama pendiri Arab Saudi.
Foto:

Asad, kata Noel, sempat melakukan perjalanan ke Kashmir pada musim panas 1934. Di Khasmir, ia berteman dengan Mirwaiz Muhammad Yusuf. Bersama kawannya, Asad mendirikan percetakan di Srinagar.

Dua bab pertama dari terjemahan Shahih al Bukhari dikerjakan di Srinagar. "Asad juga menulis buku Homecoming of the Heart' tentang hubungan istimewanya dengan Kashmir,"kata dia. 

Selama Perang Dunia II, Asad dipenjarakan oleh Inggris. Selanjutnya, ia ikut Gerakan Pakistan. Pada pembentukan Pakistan pada 14 Agustus 1947,  ia memilih Pakistan sebagai rumahnya dan menjadi warga negara kehormatan Pakistan. 

Di Pakistan, Asad menjabat Direktur Departemen Rekonstruksi Islam dan kemudian dia bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Pakistan sebagai wakil sekretaris untuk Timur Tengah dan Utusan Pakistan untuk PBB. Asad Platz di UN Square Vienna didedikasikan untuk menghormati jasanya. 

Pada 23 Maret 2013, Pakistan Post mengeluarkan prangko di bawah seri 'Men of Letters' untuk mengakui karya-karyanya dan Pusat Kebudayaan Islam pun berdiri di Lviv.

Belum lama, Kedutaan Besar Pakistan dan  Islamic Center kyiv akan meluncurkan buku The Unromantic Orient dalam bahasa Ukraina. Nama Asad pun ditetapkan sebagai nama Jalan di Lviv dan Kviv. 

"Kami telah mengundang universitas di Ukraina dan Pakistan untuk mensponsori penelitian bersama untuk mendokumentasikan berbagai karya dan ide-ide Asad, dari Asad, Ukraina memiliki keterkaitan dengan pembentukan negara Pakistan,"kata Neol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement